in

TikTok Kehilangan Lagu-Lagu Populer Akibat Perselisihan dengan Universal Music Group

TikTok, platform video pendek yang populer di seluruh dunia, sedang menghadapi masalah besar dengan Universal Music Group (UMG), salah satu perusahaan musik terbesar di dunia. UMG mengklaim bahwa TikTok tidak membayar royalti yang adil kepada artis dan penulis lagu yang tergabung dalam UMG. Akibatnya, UMG menarik kembali lisensi lagu-lagu yang dimiliki atau didistribusikan oleh UMG dari TikTok, termasuk lagu-lagu dari bintang-bintang seperti Taylor Swift, Billie Eilish, dan The Weeknd .

Perselisihan antara UMG dan TikTok dimulai pada bulan Januari lalu, ketika perjanjian lisensi antara keduanya berakhir dan tidak berhasil diperbarui. UMG menuduh TikTok mencoba untuk "menggertak [UMG] agar menerima kesepakatan yang bernilai lebih rendah dari kesepakatan sebelumnya, jauh lebih rendah dari nilai pasar yang adil dan tidak mencerminkan pertumbuhan eksponensial mereka". UMG juga menekankan bahwa TikTok hanya menyumbang sekitar 1% dari total pendapatan UMG.

Pada hari yang sama, TikTok mempublikasikan surat terbuka mereka, yang mengatakan "sangat menyedihkan dan mengecewakan bahwa Universal Music Group telah menempatkan keserakahan mereka sendiri di atas kepentingan artis dan penulis lagu mereka". TikTok mengatakan tindakan UMG adalah "mementingkan diri sendiri".

Namun, perselisihan ini tidak berhenti di situ. Pada minggu ini, TikTok harus menurunkan lebih banyak lagu yang dipublikasikan oleh UMG, dengan jutaan lagu lainnya diperkirakan akan dibisukan di TikTok pada akhir minggu ini. Langkah terbaru ini memengaruhi karya-karya dari artis yang telah bekerja sama dengan penulis lagu yang berada di bawah kontrak Universal Music Publishing Group (UMPG), menurut Variety. Karena masalah yang disebut hak cipta terbagi, jika seorang penulis lagu yang dikontrak oleh UMPG telah berkontribusi pada sebuah lagu dengan cara apapun, lagu itu harus dihapus dari TikTok. Jadi, artis yang telah berkolaborasi dengan orang-orang seperti Swift, Adele, Justin Bieber, Mariah Carey, Ice Spice, Elton John, Harry Styles, dan SZA mungkin akan melihat lagu-lagu mereka menghilang dari TikTok dan dibisukan pada video yang saat ini menggunakannya.

Langkah ini akan mencegah lebih banyak artis untuk mempromosikan karya mereka di platform yang paling penting untuk mempromosikan musik. Menurut BBC, UMG menarik sekitar tiga juta lagu dari TikTok setelah perjanjian atas katalog rekaman mereka berakhir. Perjanjian UMG dengan TikTok atas katalog penerbitan mereka (yang mencakup sekitar empat juta lagu) berakhir pada akhir minggu ini, di mana titik semua lagu yang relevan bisa menghilang dari layanan video pendek ini.

Meskipun UMG mengatakan perubahan ini tidak akan memengaruhi pendapatan mereka, mereka pasti akan memengaruhi artis dan penulis lagu, karena mereka tidak lagi dapat mempromosikan musik mereka di salah satu platform sosial yang paling populer, terutama yang telah dikenal untuk menggerakkan penemuan musik. Artis dan penulis lagu juga akan kehilangan royalti yang diperoleh dari musik mereka di TikTok. UMG mengakui kerugian ini, tetapi mencatat dalam surat mereka bahwa mereka memiliki "tanggung jawab utama kepada [artis] untuk berjuang untuk perjanjian baru di mana mereka dibayar secara layak untuk karya mereka".

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Nintendo Gugat Pembuat Emulator Switch Yuzu, Klaim Mendorong Pembajakan Skala Besar

Tecno meluncurkan seri Camon 30, model Pro memiliki tiga kamera 50MP