in

Apa Bedanya MacBook Air M2 dan M3? Mana yang Harus Anda Beli?

Apple baru saja mengumumkan versi MacBook Air dengan chip M3, yang diklaim hingga 60 persen lebih cepat daripada versi chip M1. Anda mungkin bertanya-tanya apakah sudah saatnya untuk meng-upgrade, dan jawabannya di sini tidak sejelas biasanya. Dalam banyak kasus dengan Apple, jika Anda memiliki generasi sebelumnya, seringkali tidak perlu meng-upgrade, tetapi perlu jika Anda melewatkan satu generasi atau memasuki ekosistem untuk pertama kalinya. Dengan MacBook Air M3, ada beberapa penambahan besar yang mungkin memerlukan lompatan dari M2. Dan jika Anda memiliki M1 atau lebih lama, Anda memiliki lebih banyak alasan untuk meng-upgrade. Ingin sedikit bantuan untuk memutuskan? Berikut adalah perbandingan perbedaan terbesar antara MacBook Air M3 dan MacBook Air M2, ditambah beberapa alasan utama untuk membeli masing-masing.

Spesifikasi

MacBook Air M3 MacBook Air M2
Ukuran layar 13 inci dan 15 inci 13 inci dan 15 inci
Chip M3 M2
CPU dan GPU 8-core CPU dan 10-core GPU 8-core CPU dan 8-core GPU
Memori terpadu Hingga 24GB Hingga 24GB
Penyimpanan 256GB SSD dapat dikonfigurasi menjadi 512GB, 1TB, atau 2TB 256GB SSD dapat dikonfigurasi menjadi 512GB, 1TB, atau 2TB
Port Dua Thunderbolt / USB 4 Dua Thunderbolt / USB 4
Baterai Hingga 18 jam Hingga 18 jam
Kamera 1080p FaceTime HD camera 1080p FaceTime HD camera
Harga Mulai dari $1,099 Mulai dari $999

Anda harus membeli MacBook Air M3 jika…

Anda ingin dukungan Wi-Fi tercepat yang tersedia

Jika Anda sering melakukan pengunduhan untuk pekerjaan atau Anda seorang gamer, MacBook Air dengan M3 menawarkan standar Wi-Fi 6e baru yang memberikan kecepatan unduh yang jauh lebih cepat dan latensi yang jauh lebih rendah — asalkan Anda mengakses router Wi-Fi 6e, tentu saja. Meskipun Anda mungkin tidak melihat banyak perbedaan untuk tugas sehari-hari, jika Anda melakukan tugas yang intensif Wi-Fi di mana latensi dapat membuat atau menghancurkan, Anda akan segera menghargai peningkatannya.

Anda menggunakan lebih dari satu monitor

Salah satu keuntungan terbesar dari M3, selain peningkatan murni teknis, adalah dukungan monitor ganda. Meskipun ada cara untuk menggunakan dua monitor di M2, mereka memiliki beberapa kekurangan dan tidak meningkatkan jumlah output tampilan yang didukung oleh perangkat keras. MacBook Air M3 akan memiliki konektivitas penuh untuk dua monitor eksternal, jadi jika Anda sering bekerja dengan lebih dari satu monitor, tentu saja layak meng-upgrade.

Anda harus membeli MacBook Air M2 jika…

Anda ingin menghemat uang

Salah satu alasan utama untuk memilih MacBook Air M2 adalah harganya yang lebih murah. Setelah pengumuman MacBook Air M3, Apple menurunkan harga MacBook Air M2 menjadi $999, turun dari $1,099 sebelumnya. Ini berarti Anda dapat menghemat $100 untuk mendapatkan model yang masih sangat kuat dan efisien.

Anda tidak membutuhkan fitur tambahan dari M3

Meskipun M3 menawarkan beberapa peningkatan yang mengesankan, Anda mungkin tidak membutuhkan atau memanfaatkan semuanya. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan kecepatan Wi-Fi, dukungan monitor ganda, atau arsitektur GPU baru, Anda mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan antara M2 dan M3. M2 masih memiliki CPU dan GPU 8-core yang sangat cepat, memori terpadu hingga 24GB, dan baterai yang tahan hingga 18 jam. Jika Anda hanya menggunakan MacBook Air untuk tugas-tugas ringan seperti browsing web, menonton video, atau menulis dokumen, Anda mungkin tidak akan merasakan manfaat dari M3.

Kesimpulan

MacBook Air M3 adalah laptop Apple terbaru dan terhebat, tetapi itu tidak berarti Anda harus langsung membelinya. MacBook Air M2 masih merupakan pilihan yang bagus untuk banyak pengguna, terutama jika Anda ingin menghemat uang atau tidak membutuhkan fitur tambahan dari M3. Namun, jika Anda ingin mendapatkan kinerja terbaik, konektivitas terluas, dan masa depan yang lebih baik, MacBook Air M3 mungkin layak untuk diinvestasikan.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Realme 12 5G Akan Diluncurkan dengan Fitur Baru ‘Dynamic Button’

Infinix GT 20 Pro Siap Meluncur dengan Chipset Canggih Dimensity 8200