in

Meta’s Oversight Board Perluas Lingkupnya untuk Sertakan Pengguna Threads

Meta’s Oversight Board kini memperluas cakupannya dengan menyertakan Threads. Kelompok ini mengumumkan bahwa pengguna Threads sekarang dapat mengajukan banding atas keputusan moderasi konten Meta, memberikan kelompok independen kemampuan untuk memengaruhi kebijakan aplikasi terbaru Meta. Ini merupakan perluasan yang signifikan bagi Oversight Board, yang sebelumnya hanya memberikan pendapat tentang masalah moderasi konten yang terkait dengan postingan Facebook dan Instagram.

Ketua bersama Oversight Board, Helle Thorning-Schmidt, menyatakan, "Memiliki akuntabilitas independen sejak awal untuk aplikasi baru seperti Threads sangat penting." Menurut Oversight Board, pengajuan banding pengguna pada Threads akan berfungsi serupa dengan Instagram dan Facebook. Ketika pengguna telah "menghabiskan" proses internal Meta, mereka dapat meminta tinjauan dari Oversight Board. Berdasarkan aturan yang ditetapkan saat pembentukan board, Meta diwajibkan untuk mengimplementasikan keputusan board mengenai postingan tertentu, tetapi tidak diwajibkan untuk mengikuti rekomendasi kebijakannya.

Penambahan moderasi konten Threads ke dalam cakupan board menegaskan pengaruh yang semakin berkembang dari aplikasi mirip Twitter ini, yang diluncurkan musim panas lalu. Threads telah berkembang menjadi 130 juta pengguna, dan Mark Zuckerberg telah berspekulasi bahwa suatu hari nanti aplikasi ini bisa mencapai satu miliar pengguna. Secara resmi, Threads memiliki aturan yang sama dengan Instagram. Namun, Meta telah menghadapi beberapa kritik dari pengguna terkait kebijakan rekomendasi kontennya. Saat ini, Threads memblokir kata-kata kunci terkait COVID-19 dan topik "potensial sensitif". Perusahaan juga menuai perhatian ketika mengumumkan bahwa mereka tidak akan merekomendasikan akun yang terlalu banyak memposting konten politik, kecuali pengguna memilih untuk mengaktifkan saran tersebut.

Terlepas dari apakah board akhirnya memberikan pendapat tentang pilihan-pilihan tersebut, kemungkinan besar akan memakan waktu sebelum pengguna Threads melihat perubahan sebagai hasil dari rekomendasi board. Oversight Board hanya menerima sebagian kecil dari pengajuan banding pengguna, dan bisa memakan waktu berbulan-bulan bagi board untuk membuat keputusan, serta lebih lama lagi bagi Meta untuk mengubah aturan-aturannya sebagai hasil dari panduan tersebut .

Yahoo! Lifestyle
Engadget

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Google DeepMind Bentuk Organisasi Baru Fokus pada Keamanan Kecerdasan Buatan

Apple Siap Luncurkan CarPlay Generasi Baru Tahun Ini dengan Fitur-Fitur Terbaru