in

Google Pixel 8a: Smartphone Murah yang Tidak Murah Lagi?

Google Pixel 8a merupakan smartphone terbaru dari Google yang diharapkan akan diluncurkan pada bulan April atau Mei tahun ini. Smartphone ini merupakan penerus dari Google Pixel 7a yang dikenal sebagai pilihan yang terjangkau dan berkualitas. Namun, sebuah bocoran baru menunjukkan bahwa Google Pixel 8a mungkin tidak akan sehemat yang kita harapkan.

Menurut sebuah laporan dari Winfuture, sebuah situs berita teknologi Jerman yang biasanya dapat diandalkan, Google Pixel 8a akan tersedia dalam dua varian penyimpanan, yaitu 128 GB dan 256 GB. Menurut pengecer yang berbicara dengan Winfuture, model 128 GB akan dibanderol sekitar 569,90 euro, sedangkan model 256 GB bisa mencapai 630 euro.

Jika benar, ini berarti Google Pixel 8a akan lebih mahal daripada Google Pixel 7a yang dijual seharga 509 euro. Bahkan, Google Pixel 8a juga akan lebih mahal daripada Google Pixel 6a yang hanya berharga 459 euro. Ini merupakan kenaikan harga yang cukup signifikan untuk seri Pixel a yang selama ini dikenal sebagai alternatif yang terjangkau dari seri Pixel tanpa huruf yang merupakan flagship dari Google.

Lalu, apa yang membuat Google Pixel 8a lebih mahal daripada pendahulunya? Salah satu faktor yang mungkin adalah penggunaan chip Tensor G3 yang dikembangkan oleh Google sendiri. Chip ini diklaim akan memberikan performa dan fitur-fitur AI yang lebih baik daripada chip Snapdragon yang biasa digunakan oleh seri Pixel a sebelumnya.

Selain itu, Google Pixel 8a juga dikabarkan akan memiliki desain yang lebih bulat daripada Google Pixel 7a dan akan memiliki dua kamera belakang dalam sebuah "visor" yang membentang di seluruh bagian belakang ponsel, sebuah ciri khas yang sangat dikenal dari seri Pixel. Google Pixel 8a juga diharapkan akan memiliki beberapa peningkatan kamera seperti Magic editor dan mode close-up makro yang ada di Google Pixel 8.

Namun, apakah hal-hal tersebut cukup untuk membenarkan kenaikan harga Google Pixel 8a? Apalagi, Google Pixel 8 sendiri hanya dibanderol seharga 799 euro saat diluncurkan. Jika tren ini berlanjut, maka bisa saja jarak harga antara Google Pixel 8 dan Google Pixel 8a semakin mengecil. Hal ini bisa membuat salah satu dari seri Pixel a atau seri Pixel tanpa huruf menjadi tidak relevan. Selain itu, hal ini juga bisa membuat konsumen mencari pilihan lain yang lebih murah, seperti Galaxy A54 atau OnePlus 12R.

Bagaimana pendapat Anda tentang Google Pixel 8a? Apakah Anda tertarik untuk membelinya atau lebih memilih smartphone lain yang lebih hemat? Berikan komentar Anda di bawah ini.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Realme 12, Smartphone 5G Murah dengan Kamera 108MP dan Baterai 5000 mAh

Realme 12 dan Realme 12+ 5G Resmi Meluncur di India, Ini Spesifikasi dan Harganya