in

Samsung Galaxy A55: Spesifikasi, Harga, dan Tanggal Peluncuran Terungkap

Samsung akan segera meluncurkan smartphone mid-range premium terbarunya, Galaxy A55. Smartphone ini akan hadir dalam beberapa minggu ke depan sebagai ponsel Samsung dengan nilai uang terbaik untuk tahun 2024. Kita sudah tahu banyak hal tentang perangkat ini berkat bocoran dan sertifikasi. Berikut ini adalah gambaran lengkap tentang apa yang bisa diharapkan dari Galaxy A55 dan bagaimana perbedaannya dengan pendahulunya.

Desain dan Layar

Sebelumnya, render bocoran telah menunjukkan bahwa Galaxy A55 mungkin akan mengadopsi desain yang lebih datar, meniru perubahan terbaru yang terlihat di seri Galaxy S24. Bocoran hari ini tampaknya mendukung asumsi itu, sekaligus mengungkapkan sesuatu yang sedikit lebih mengejutkan tentang bahan bangunan. Sambil mempertahankan tata letak kamera triple vertikal yang khas di bagian belakang, A55 mungkin akan mengalami peningkatan material yang signifikan. Bingkai ponsel, yang terbuat dari plastik pada Galaxy A54, bisa ditingkatkan menjadi aluminium pada Galaxy A55. Ini juga akan menjelaskan peningkatan berat ponsel, karena beratnya naik dari 202 gram pada Galaxy A54 menjadi 213 gram pada Galaxy A55. Bingkai logam, dikombinasikan dengan bagian belakang kaca, akan melengkapi pergeseran Galaxy A-series ke kualitas bangunan premium. Dimensi ponsel juga sedikit meningkat, karena Galaxy A55 memiliki ukuran 161,1 x 77,4 x 8,2 mm, dibandingkan dengan Galaxy A54 yang memiliki ukuran 158,2 x 76,7 x 8,2 mm. Dari sisi layar, A55 diharapkan memiliki panel Super AMOLED 6,6 inci yang sedikit lebih besar dengan refresh rate 120Hz yang halus, melanjutkan tradisi seri ini. Selain itu, bocoran ini menunjukkan bahwa Galaxy A55 akan mewarisi rating IP67, pemindai sidik jari di layar, dan speaker stereo dari pendahulunya.

Kinerja dan Perangkat Lunak

Di bawah kap, A55 tampaknya akan memiliki prosesor Samsung Exynos 1480, dengan empat inti berkinerja tinggi yang dikunci pada 2,75 GHz, dan empat inti hemat daya yang dikunci pada 2,0 GHz. Ini adalah peningkatan yang cukup besar dari Galaxy A54 yang memiliki Exynos 1380, dengan kecepatan maksimum 2,4 GHz. Namun, kita harus menunggu beberapa tes dan pengujian dunia nyata untuk melihat seberapa besar perbedaan yang dibuatnya dalam hal kecepatan dan multitasking. Varian dasar untuk Galaxy A55 diharapkan menawarkan 6GB RAM dan penyimpanan 128GB, sementara opsi yang lebih tinggi mungkin datang dengan 8GB RAM dan penyimpanan 256GB. Keduanya bisa diperluas lebih lanjut dengan slot kartu microSD, yang mendukung hingga 1TB penyimpanan. Menyalakan perangkat adalah baterai 5000mAh yang familiar, yang harus menawarkan daya tahan yang hebat mirip dengan A54.

Kamera

Sepertinya tidak banyak yang berubah dengan kamera, dan Galaxy A55 tampaknya menggunakan sensor utama 50 megapiksel, sensor lebar 12 megapiksel, dan kamera ultra lebar/makro 5 megapiksel yang sama. Kamera utama memiliki aperture f/1.8 dan stabilisasi gambar optik, sementara kamera lebar memiliki aperture f/2.2 dan kamera makro memiliki aperture f/2.4. Untuk kamera depan, ada sensor 32 megapiksel dengan aperture f/2.2 yang tertanam di lubang punch di tengah layar.

Harga dan Tanggal Peluncuran

Harga belum dikonfirmasi tetapi menurut Winfuture Galaxy A55 akan mulai dijual seharga €449 dan diyakini akan mengikuti harga serupa dengan Samsung A54 sebelumnya: $449 / £449 / AU $699. Mereka juga menunjuk ke tanggal peluncuran untuk Samsung Galaxy A55 pada 11 Maret. Samsung dilaporkan berencana meluncurkan Galaxy A55 dan Galaxy A35 pada tanggal tersebut. Untuk varian RAM dan penyimpanan yang lebih tinggi, Anda harus merogoh kocek sekitar €500, yang masih merupakan potongan harga €50 dari model tahun 2023.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Galaxy M15 5G Siap Meluncur dengan Baterai Jumbo dan Desain Familiar

Xiaomi Watch 2: Smartwatch Murah dengan Baterai Tahan Lama dan Fitur Menarik