in

Samsung dan Metalenz Bekerja Sama untuk Membawa Teknologi Pengenalan Wajah yang Lebih Aman dan Murah ke Ponsel Android

Samsung, salah satu produsen ponsel Android terkemuka, baru-baru ini mengumumkan kerja sama dengan Metalenz, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada teknik pencitraan canggih berbasis kuantum. Kedua perusahaan ini berencana untuk membawa teknologi baru bernama Polar ID ke ponsel Samsung Galaxy di masa depan. Polar ID diklaim dapat menyaingi Face ID dari Apple, yang selama ini menjadi standar emas dalam teknologi pengenalan wajah di smartphone .

Face ID adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna iPhone untuk membuka kunci ponsel mereka dengan menggunakan wajah mereka sebagai sandi. Face ID bekerja dengan memproyeksikan pola titik tak terlihat pada wajah pengguna dan kemudian menangkapnya dengan kamera khusus. Face ID juga menggunakan sensor 3D untuk mengidentifikasi wajah pengguna sebagai manusia hidup, sehingga tidak dapat ditipu dengan foto atau topeng 3D .

Polar ID memiliki pendekatan yang berbeda dari Face ID. Polar ID tidak membutuhkan proyeksi titik, melainkan langsung menangkap cahaya terpolarisasi yang memantul dari wajah pengguna, yang memberikan tanda tangan unik seperti sidik jari. Teknologi ini dimungkinkan oleh sensor khusus, yang disebut metasurface, yang pada dasarnya mengemas semua optik yang biasa anda lihat dari kamera biasa dengan beberapa lensa ke dalam satu permukaan 3D. Hal ini memungkinkan sensor untuk menangkap cahaya terpolarisasi secara langsung, yang memungkinkan otentikasi cepat dan aman di antara banyak potensi penggunaan lainnya .

Metalenz telah bekerja untuk mengubah teknologi ini menjadi produk yang dapat diproduksi secara massal selama beberapa tahun terakhir, dan di MWC 2024, perusahaan ini menganggap dirinya hampir siap. Metalenz bermitra dengan Qualcomm untuk mempermudah integrasi perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan ke ponsel yang didukung Snapdragon, dan mengumumkan kerja sama baru dengan Samsung untuk membawa Polar ID ke mesin cahaya dari sensor Isocell Vizion 931 milik perusahaan .

Polar ID memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Face ID. Pertama, Polar ID mengambil ruang yang jauh lebih sedikit daripada teknologi Face ID di semua dimensi, sehingga meninggalkan lebih banyak ruang internal untuk komponen lain. Kedua, Polar ID juga hanya sekitar setengah harga karena komponen yang lebih sedikit. Ketiga, Polar ID juga diklaim lebih aman daripada teknologi yang ada. Metalenz mengatakan bahwa Polar ID dapat menolak upaya penipuan dengan gambar 2D atau topeng 3D, dan dapat bekerja dengan baik bahkan jika pengguna memakai masker atau kacamata .

Di pameran tersebut, Metalenz memperlihatkan ponsel referensi yang didukung Snapdragon 8 Gen 3 yang mampu menampilkan teknologi ini dalam aksi. Ponsel ini dapat membuka kunci dengan cepat dan mulus dengan menggunakan wajah pengguna, bahkan ketika pengguna memakai masker bedah. Metalenz juga menunjukkan bagaimana Polar ID dapat digunakan untuk aplikasi lain, seperti pembayaran mobile, verifikasi identitas, dan kesehatan kulit .

Samsung dan Metalenz belum mengungkapkan kapan Polar ID akan tersedia di ponsel Samsung Galaxy, tetapi mereka berharap dapat meluncurkannya dalam waktu dekat. Jika klaim mereka terbukti benar, Polar ID dapat menjadi teknologi pengenalan wajah yang revolusioner untuk ponsel Android, yang dapat meninggalkan Face ID dari iPhone di belakang .

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Qualcomm Siapkan Snapdragon 8 Gen 4 dengan CPU Oryon untuk Oktober

Qualcomm Siapkan Chipset Mixed-Reality Berbasis 3nm dan 4nm untuk Saingi Apple Vision Pro