in

Spotify Naikkan Harga Langganan di Prancis karena Pajak Baru

Spotify, layanan streaming musik terbesar di dunia, mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan harga langganan di Prancis sebagai respons terhadap pajak baru yang diberlakukan oleh pemerintah Prancis untuk mendukung industri musik nasional. CEO Spotify, Daniel Ek, menulis surat terbuka yang mengecam pajak tersebut, yang disahkan oleh pemerintah Prancis pada akhir tahun 2023 .

Spotify belum mengatakan berapa besar kenaikan harga yang akan diterapkan, hanya menyebutkan bahwa "pengguna Prancis akan membayar langganan tertinggi di seluruh Uni Eropa". Pajak CNM Prancis memberlakukan beban sebesar 1,2 persen terhadap semua pendapatan streaming yang dihasilkan di negara tersebut oleh layanan musik yang menghasilkan lebih dari 20 juta euro ($21,9 juta) di negara tersebut: Spotify, Apple Music, dan Deezer. (Apple Music dan Deezer juga menentang pajak tersebut tetapi belum mengumumkan kenaikan harga serupa.) Perusahaan media sosial yang melisensikan musik, termasuk TikTok dan Facebook, juga terkena pajak tersebut .

Dana yang terkumpul dari pajak tersebut akan disalurkan ke Centre National de la Musique (CNM), sebuah lembaga publik yang bertugas mendukung dan mempromosikan industri musik Prancis. Spotify merespons awalnya dengan menarik dukungan finansial mereka dari festival musik Prancis Francofolies de la Rochelle dan Printemps de Bourges. Perusahaan tersebut juga mengancam akan menarik layanan mereka dari Uruguay ketika pajak serupa diumumkan di sana tetapi akhirnya mundur ketika pemerintah Uruguay mengatakan bahwa layanan streaming tidak perlu menanggung biaya apa pun. Spotify belum membuat ancaman serupa untuk keluar dari Prancis, kemungkinan karena negara tersebut jauh lebih penting bagi garis bawah mereka. Sebagai gantinya, mereka melakukan kampanye tekanan publik, termasuk layanan musik yang menggambarkan pajak tersebut sebagai rampasan uang pemerintah yang tidak perlu yang hanya sebagian mendanai industri musik .

"pajak ini akan menghasilkan sekitar 15 juta euro, ketika anggaran administratif CNM (biaya kantor, personel, pengeluaran modal, pemantauan media, atau pelatihan profesional, dll) berada di 20,2 juta euro," tulis perusahaan tersebut dalam surat terbuka. "Kekhawatiran kami adalah bahwa kemungkinan kurang dari setengah dari anggaran keseluruhan 146,9 juta euro mereka akan menemukan jalan menuju membantu musik secara efektif."

Selain mencantumkan anggaran administratif CNM, Spotify tidak memberikan bukti apa pun bahwa dana tersebut tidak akan digunakan untuk membantu musik. Pendapatan Spotify tumbuh 16 persen secara tahunan menjadi €3,7 miliar ($4,05 miliar) pada kuartal keempat 2023, dalam apa yang mereka gambarkan sebagai "kuartal yang sangat kuat". CEO mereka menjual saham senilai $57,5 juta pada Februari, menyusul penjualan saham senilai $64 juta pada Oktober 2023 .

"Seperti yang telah kami katakan sejak lama, kami tidak bisa menyerap pajak tambahan," tulis Spotify. "Bahkan setelah membuat keputusan sulit untuk mengurangi anggaran pemasaran artis kami dan dukungan terhadap festival musik Prancis — yang merupakan kendaraan penting bagi Spotify untuk terus menggerakkan ratusan juta euro ke industri musik — itu masih terus menghambat kemampuan kami untuk beroperasi di Prancis."

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

MacBook Air M3: Laptop AI dengan Warna Baru dan Performa Lebih Cepat

Sony A6700: Kamera APS-C Terbaik dari Sony dengan Fitur Unggulan