in

Lenovo Luncurkan Laptop dengan Prosesor Snapdragon X Elite

Lenovo, salah satu produsen laptop terkemuka di dunia, baru-baru ini meluncurkan sebuah laptop dengan prosesor Snapdragon X Elite dari Qualcomm. Prosesor ini merupakan prosesor terbaru dan tercanggih dari Qualcomm yang dirancang khusus untuk pasar PC AI Windows. Prosesor ini diklaim mampu menghasilkan performa AI yang luar biasa, bahkan melebihi prosesor Intel Core Ultra 7 155H.

Laptop Lenovo yang menggunakan prosesor Snapdragon X Elite ini memiliki kode nama Lenovo 83ED. Laptop ini muncul di platform benchmarking Geekbench dengan skor 1.628 poin untuk tes single-core dan 11.392 poin untuk tes multi-core. Skor ini masih lebih rendah dari skor benchmark yang diumumkan oleh Qualcomm sendiri, yaitu 2.777/14.056 poin pada 23 Watt dan 2.966/15.239 poin pada 80 Watt. Namun, hal ini kemungkinan disebabkan oleh pengaturan clock yang tidak optimal atau karena laptop ini masih merupakan sampel pra-produksi yang membutuhkan penyesuaian lebih lanjut.

Prosesor Snapdragon X Elite memiliki konfigurasi 12 inti CPU, yaitu 8 inti Nuvia berkinerja tinggi dan 4 inti Cortex-A55 hemat daya. Prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno yang belum diketahui namanya, yang mampu mencetak skor 10 poin di tes OpenCL Geekbench. Selain itu, prosesor ini juga memiliki NPU (Neural Processing Unit) Hexagon yang dapat menghasilkan performa AI hingga 75 TOPS (triliun operasi per detik). Dengan performa AI yang begitu tinggi, prosesor ini diharapkan dapat memberikan pengalaman komputasi yang lebih cepat, lancar, dan cerdas bagi pengguna laptop Lenovo.

Laptop Lenovo dengan prosesor Snapdragon X Elite ini merupakan salah satu laptop pertama yang menggunakan prosesor tersebut. Qualcomm sendiri telah mengumumkan bahwa prosesor ini akan digunakan oleh banyak produsen laptop lainnya di tahun 2024. Prosesor ini juga akan bersaing dengan prosesor ARM lainnya, seperti Apple M3, serta prosesor x86 dari AMD dan Intel. Dengan demikian, pasar PC AI Windows akan semakin ramai dan menarik di masa depan.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Program Perbaikan Sendiri Apple Kini Meliputi Mac dengan Chip M3

Samsung Galaxy M15 5G Siap Meluncur dengan Baterai Jumbo dan Desain Familiar