in

Tecno Camon 30 Premier: Smartphone dengan Sistem Kamera PolarAce dan Sony ISP

Tecno, salah satu produsen smartphone asal Tiongkok, baru saja mengumumkan smartphone terbarunya, yaitu Tecno Camon 30 Premier. Smartphone ini menawarkan beberapa fitur menarik, terutama di bidang fotografi dan videografi. Salah satu fitur unggulan yang diusung oleh Tecno Camon 30 Premier adalah sistem kamera PolarAce, yang dikembangkan oleh Tecno sendiri dengan bekerja sama dengan Sony .

Sistem kamera PolarAce adalah sebuah sistem yang terdiri dari sebuah chip Sony CXD5622GG, yang berfungsi sebagai Image Signal Processor (ISP) atau pengolah sinyal gambar . Chip ini diklaim mampu melakukan komputasi dengan kecepatan 4.6 TFLOPS pada FP16 (16-bit floating point), yang lebih tinggi dari chipset yang digunakan oleh smartphone ini, yaitu Dimensity 8200 Ultra. Selain itu, chip ini juga dikatakan lebih hemat daya daripada ISP lainnya.

Keunggulan dari sistem kamera PolarAce ini adalah dapat menghasilkan video HDR dengan reduksi noise AI untuk seluruh adegan (full-scene AI-NR HDR) pada resolusi 4K dan frame rate 30 fps . Ini merupakan prestasi pertama di industri smartphone, menurut Tecno. Sistem ini juga memanfaatkan teknologi Universal Tone dari Tecno, yang merupakan solusi berbasis AI untuk mereproduksi warna kulit yang akurat. Selain itu, sistem ini juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya, seperti AIGC Portrait, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah pakaian atau latar belakang pada foto potret dengan satu klik, dan AI One Click Eraser, yang dapat menghapus objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto.

Tecno Camon 30 Premier juga dilengkapi dengan sensor gambar dari Sony, yaitu Sony IMX890 beresolusi 50 MP, yang memiliki ukuran 1/1.56 inci dan piksel 1.0 µm. Sensor ini juga didukung oleh Optical Image Stabilization (OIS) untuk mengurangi getaran saat mengambil foto atau video. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera periskop dengan sensor 50 MP, yang dapat digunakan untuk zoom (hingga 60x hybrid zoom), foto potret, dan foto makro. Selain itu, ada juga kamera ultra wide beresolusi 50 MP.

Desain smartphone ini terinspirasi dari kamera rangefinder, dengan pulau kamera belakang yang berbentuk lingkaran dan menyerupai cincin zoom. Di samping pulau kamera, terdapat flash LED quad. Tecno juga menambahkan fitur unik yang disebut Action Dot, yaitu sebuah lampu yang berkedip saat merekam video, mengisi baterai, atau mengaktifkan asisten suara. Lampu ini juga berfungsi sebagai indikator sensor inframerah, yang fungsinya belum dijelaskan oleh Tecno.

Di bagian depan, smartphone ini memiliki layar OLED berukuran 6.77 inci, dengan resolusi 1,264 x 2,780 piksel dan kecerahan puncak 1,400 nits. Layar ini menggunakan teknologi LTPO, yang dapat menghemat daya daripada layar 1080p biasa. Layar ini juga memiliki kamera selfie beresolusi 50 MP dengan lensa autofokus.

Tecno Camon 30 Premier memiliki baterai berkapasitas 5,000 mAh, yang mendukung pengisian cepat 70W melalui port USB-C. Smartphone ini juga memiliki konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, IR blaster, dan FM radio. Smartphone ini juga memiliki speaker stereo dengan Dolby Atmos, tetapi tidak memiliki jack audio 3.5 mm.

Tecno Camon 30 Premier dijadwalkan akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2024 (April-Juni) . Harga dan ketersediaan smartphone ini belum diumumkan oleh Tecno.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Apa yang Baru dari Samsung Galaxy S24 Ultra? Bandingkan dengan Galaxy S23 Ultra

Copilot dari Microsoft, Asisten Digital Baru yang Bisa Menggantikan Google Assistant atau Bixby di Ponsel Android Anda