in

Apple Akan Luncurkan iPad dan MacBook dengan Layar OLED Mulai 2024

Apple dikabarkan sedang merencanakan untuk meluncurkan setidaknya sembilan perangkat baru dengan layar OLED di lini produk iPad dan MacBook, menurut perkiraan terbaru dari lembaga riset Omdia yang menjelaskan rencana perusahaan secara detail.

Seperti yang banyak dirumorkan, dorongan Apple untuk beralih ke OLED tampaknya akan dimulai dengan rilis model iPad Pro baru berukuran 11 dan 13 inci tahun ini. Layar tersebut akan memiliki resolusi 2.388 x 1.668 dan 2.880 x 1.920, masing-masing, menurut klaim Omdia. Ini akan menjadi sedikit peningkatan tinggi dan pengurangan lebar untuk model yang lebih besar, sementara iPad Pro yang lebih kecil akan mempertahankan resolusi yang sama.

Pada 2026, Apple akan meluncurkan model iPad mini berukuran 8,3 inci dan iPad Air berukuran 10,8 inci dengan layar OLED, serta model MacBook Pro berukuran 14,2 inci dan 16,2 inci yang dirancang untuk menggantikan unit mini-LED saat ini. Perusahaan juga dikabarkan sedang mengerjakan model MacBook Air berukuran 13,6 inci dan 15,3 inci untuk diluncurkan tidak lebih awal dari 2027. Mesin-mesin ini masih akan kekurangan teknologi ProMotion dengan kecepatan refresh 60Hz seperti model saat ini.

Pada 2027 atau kemudian, Apple mungkin memperkenalkan iPad Pro lipat berukuran 20,3 inci dengan layar OLED dan ProMotion. Produk ini dikatakan masih dalam tahap konseptual, tetapi secara umum sejalan dengan rumor lain tentang perangkat semacam itu.

Secara keseluruhan, laporan ini sebagian besar mendukung rumor yang ada tentang rencana Apple yang akan datang untuk beralih ke teknologi OLED hampir di semua perangkat portabelnya.

Layar OLED menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan layar LCD, seperti kontras yang lebih tinggi, warna yang lebih hidup, dan sudut pandang yang lebih luas. Namun, layar OLED juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya yang lebih tinggi, risiko terbakar, dan konsumsi daya yang lebih tinggi untuk warna tertentu.

Apple telah menggunakan layar OLED untuk iPhone sejak iPhone X pada 2017, dan untuk Apple Watch sejak awal. Namun, untuk iPad dan MacBook, Apple masih menggunakan layar LCD atau mini-LED, yang merupakan teknologi yang lebih baru dan lebih canggih daripada LCD biasa.

Dengan beralih ke OLED, Apple mungkin menawarkan desain baru untuk iPad dan MacBook, karena menawarkan layar baru biasanya berarti desain baru juga datang. Misalnya, dengan MacBook Pro 2021, Apple menambahkan layar mini-LED dan desain industri baru. Apple menambahkan layar OLED dan desain baru untuk iPhone X. Dengan demikian, peningkatan ini kemungkinan besar akan diikuti.

Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan perangkat OLED lain pada 2027, yaitu iPad lipat. Perangkat ini telah dirumorkan dari beberapa sumber lain, dan sekarang lembaga riset Omdia percaya bahwa iPad lipat dengan layar OLED berukuran 20,3 inci bisa diluncurkan pada 2027 atau kemudian.

Selama beberapa minggu terakhir, kita telah mendengar rumor tentang kemungkinan iPad mini lipat dan bahkan iPhone lipat, yang bisa dirilis pada 2027 untuk menandai ulang tahun ke-20 iPhone asli. Saat ini, sepertinya Apple masih bereksperimen dengan layar lipat, karena perusahaan mungkin berpikir bahwa teknologinya belum siap. Namun, peta jalan OLED untuk model iPad dan MacBook sudah menarik, dengan tanggal rilis yang semakin dekat.

Berdasarkan hasil pencarian web dari OLED MacBook and iPad release date roadmap leaked – BGR, Apple’s OLED Roadmap: New iPad Mini, Foldable iPad Pro, and More – MacRumors, dan Leaked Apple roadmap shows full OLED timeline for iPads, MacBooks … – MSN.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Huawei Pocket 2: Ponsel Lipat Pertama dengan Empat Kamera Belakang

Samsung Galaxy A55 vs Galaxy S24: Siapa yang lebih unggul di antara ponsel kelas menengah dan ponsel kelas atas?