in

Satelit Jepang Berhasil Meluncur ke Orbit untuk Menginspeksi Sampah Luar Angkasa

Satelit ADRAS-J milik perusahaan Astroscale, sebuah satelit demonstrasi yang dapat memberikan informasi untuk upaya pembersihan sampah luar angkasa di masa depan, kini berada di orbit setelah peluncuran yang sukses dari Selandia Baru pada hari Minggu. Satelit ini dikirim ke luar angkasa di atas roket Electron dari Rocket Lab .

Misi satelit ini dipilih oleh badan antariksa Jepang (JAXA) untuk Fase I dari program Commercial Removal of Debris Demonstration, yang akan melihat ADRAS-J berlabuh dengan tahap atas roket Jepang yang sudah tua yang telah berada di orbit sejak tahun 2009 . Tahap atas roket tersebut adalah bekas dari peluncuran satelit pengamatan Bumi GOSAT.

Akumulasi limbah di orbit Bumi dari puluhan tahun penerbangan luar angkasa adalah masalah yang semakin mengkhawatirkan, dan badan antariksa di seluruh dunia semakin berupaya untuk menanganinya, dalam banyak kasus memanfaatkan perusahaan swasta untuk mengembangkan solusi potensial. Salah satu cara paling efektif untuk menangani sampah luar angkasa adalah dengan menurunkan orbitnya, atau memindahkannya ke ketinggian yang lebih rendah sehingga dapat terbakar di atmosfer Bumi .

ADRA-J akan menjadi yang pertama menargetkan sepotong sampah besar yang ada dan mencoba mendekatinya dan mengkarakterisasikannya dengan aman, mengandalkan data berbasis darat untuk menentukan posisinya. Selama beberapa bulan ke depan, ia akan menuju ke target dan akhirnya mencoba mendekat cukup untuk mengambil gambar dan menilai kondisinya untuk menentukan apakah dapat dihapus .

"ADRA-J resmi bertugas dan siap berlabuh dengan beberapa sampah luar angkasa!" perusahaan itu men-tweet. "Mari era baru keberlanjutan luar angkasa dimulai!"

: https://www.msn.com/en-us/news/technology/a-satellite-designed-to-inspect-space-junk-just-made-it-to-orbit/ar-BB1itFFA
: https://www.msn.com/en-us/news/technology/japan-launches-satellite-to-eyeball-derelict-rocket-stage/ar-BB1ix825
: https://spacenews.com/electron-launches-astroscale-inspection-satellite/
: https://www.engadget.com/a-satellite-designed-to-inspect-space-junk-just-made-it-to-orbit-192236821.html

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Pasien Pertama Neuralink Bisa Menggerakkan Mouse Komputer Hanya dengan Pikiran

Inilah iPad Terbaik di Tahun 2024: Bagaimana Memilih Tablet Apple yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda