in

Produksi Smartphone Melonjak di Q1 2024, Diprediksi Turun pada Kuartal Berikutnya

Trendforce melaporkan pertumbuhan produksi smartphone yang signifikan sebesar 18,7% secara tahunan pada kuartal pertama (Q1) 2024, dengan total pengiriman mencapai 296 juta unit. Kenaikan ini sebagian disebabkan oleh rendahnya produksi pada awal tahun 2023.

Namun, perkiraan menunjukkan bahwa kuartal berikutnya (April-Juni 2024) akan kembali mengalami penurunan produksi. Samsung mendominasi pasar smartphone pada Q1 2024, memproduksi 59,5 juta unit, diikuti oleh Apple, Xiaomi, Oppo, Transsion, dan vivo. Keenam merek ini menyumbang 80% dari pasar smartphone global, dengan Samsung sendiri menguasai 20%.

Strategi pasar tahun 2023, di mana perusahaan menjual stok lama dan menahan peluncuran perangkat baru untuk membersihkan inventaris, memengaruhi data perbandingan dengan bulan-bulan sebelumnya. Meskipun demikian, Trendforce menyatakan bahwa Xiaomi telah mengatasi masalah inventaris dan meningkatkan investasi di pasar berkembang.

Penjualan Oppo menurun di pasar domestik China, sementara Honor muncul sebagai produsen teratas. Namun, Oppo telah menyelesaikan masalah paten dengan Nokia dan kini dapat menjual produknya di Eropa, dengan rencana untuk kembali ke pasar Jerman pada paruh kedua tahun ini.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 Tampil Lebih Segar dengan Desain Baru

OnePlus Ace 3 Pro: Smartphone Kelas Menengah Atas dengan Baterai Super dan Performa Mumpuni