in

Apple Perkenalkan Fitur Aksesibilitas Baru untuk iPhone dan iPad

Pada acara baru-baru ini, Apple mengumumkan serangkaian fitur aksesibilitas baru yang akan hadir pada perangkat iPhone dan iPad "akhir tahun ini". Fitur-fitur ini diperkirakan akan menjadi bagian dari iOS 18 dan iPadOS 18, yang akan diluncurkan secara resmi bulan depan.

Salah satu fitur yang paling menarik adalah pelacakan mata. Fitur ini didukung pada iPhone dan iPad, memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat dengan mata mereka. Fitur ini ditujukan bagi pengguna dengan disabilitas fisik, namun dapat digunakan oleh semua orang. Pelacakan mata menggunakan AI dan memerlukan kalibrasi singkat melalui kamera depan. Data yang digunakan dalam proses ini tidak pernah meninggalkan perangkat karena ditenagai oleh pembelajaran mesin.

Fitur lain yang diumumkan adalah Haptic Music. Fitur ini menggunakan mesin Taptic pada iPhone untuk memberikan ketukan, tekstur, dan getaran yang disesuaikan dengan musik yang sedang didengarkan. Fitur ini mirip dengan fitur serupa dari Sony yang telah hadir sejak bertahun-tahun lalu. Namun, Music Haptics Apple hanya akan bekerja dengan Apple Music pada awalnya. Pengembang dapat menggunakannya sebagai API untuk membuat musik lebih menarik di aplikasi mereka.

Apple juga memperkenalkan Vehicle Motion Cues, fitur yang dirancang untuk mengurangi mabuk perjalanan bagi penumpang yang menggunakan iPhone atau iPad saat berada dalam kendaraan yang bergerak. Fitur ini menggunakan animasi titik di sekitar tepi layar untuk mewakili perubahan gerakan kendaraan, yang entah bagaimana akan membantu mengatasi mabuk perjalanan. Mekanisme kerja yang sebenarnya belum dijelaskan, tetapi fitur ini menjanjikan informasi lebih lanjut di masa mendatang.

Selain itu, CarPlay juga akan mendapatkan Voice Control yang memungkinkan pengguna mengontrol aplikasi hanya dengan suara mereka. Untuk penyandang tunarungu atau gangguan pendengaran, Sound Recognition akan memberikan notifikasi suara klakson dan sirene mobil. Ada juga Color Filters untuk pengguna buta warna.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Galaxy S24 FE Mendekat ke Kenyataan

iOS 17.5 dan iPadOS 17.5 Diduga Mengalami Masalah Privasi Foto