in

Microsoft Hentikan Dukungan Aplikasi Android di Windows 11

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk menjalankan aplikasi Android di Windows 11 melalui Windows Subsystem for Android (WSA) mulai 5 Maret 2025 . Ini berarti bahwa pengguna Windows 11 tidak akan lagi dapat menginstal atau menggunakan aplikasi Android yang tersedia di Amazon Appstore untuk Windows setelah tanggal tersebut.

WSA adalah fitur yang memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menjalankan aplikasi Android secara langsung di PC mereka. Fitur ini diluncurkan bersamaan dengan Windows 11 pada tahun 2021, dan dianggap sebagai salah satu daya tarik utama dari sistem operasi baru Microsoft. Namun, tampaknya fitur ini tidak banyak diminati oleh pengguna, karena Microsoft tidak memberikan alasan yang jelas mengapa mereka memutuskan untuk menghapusnya.

Menurut dokumen pengembang Microsoft, pengguna yang telah menginstal Amazon Appstore atau aplikasi Android sebelum 5 Maret 2024, masih akan dapat mengakses aplikasi tersebut hingga tanggal penghentian dukungan. Namun, pengguna yang ingin menginstal aplikasi Android baru mulai sekarang tidak akan lagi dapat melakukannya dari Microsoft Store.

Keputusan Microsoft ini mungkin mengecewakan beberapa pengguna yang menyukai kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android favorit mereka di PC. Namun, bagi sebagian besar pengguna, fitur ini mungkin tidak terlalu penting, karena ada banyak alternatif lain untuk mengakses aplikasi Android di PC, seperti emulator, browser, atau aplikasi web.

Microsoft sendiri belum memberikan informasi apakah mereka akan menggantikan fitur WSA dengan sesuatu yang lain, atau apakah mereka akan fokus pada pengembangan aplikasi Windows sendiri. Yang pasti, Microsoft masih terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna Windows 11 dengan fitur-fitur baru dan pembaruan keamanan.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Galaxy A55 Akan Hadir dengan Desain Sisi Datar dan Bingkai Logam

Samsung Luncurkan Galaxy M14 4G dengan Prosesor Snapdragon di India