in

Samsung Akan Gunakan Chipset Exynos 2500 untuk Seluruh Seri Galaxy S25?

Salah satu rumor terbaru yang beredar di internet mengklaim bahwa Samsung akan menggunakan chipset Exynos 2500 buatan sendiri untuk seluruh seri Galaxy S25 yang akan dirilis tahun depan. Jika rumor ini benar, maka ini akan menjadi perubahan besar dari strategi Samsung saat ini yang menggunakan campuran chipset Exynos dan Snapdragon di berbagai wilayah .

Chipset Exynos 2500 (nama sementara) diperkirakan akan menjadi chipset unggulan Samsung yang akan mengusung proses fabrikasi 3nm generasi kedua dari Samsung Foundry dan inti CPU Cortex-X5 dari Arm yang dikabarkan lebih cepat dari CPU di chipset Apple A/M . Chipset ini juga diharapkan akan memiliki kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik dari pendahulunya, Exynos 2400, yang digunakan di beberapa varian Galaxy S24 .

Namun, rumor ini masih sulit dipercaya. Samsung baru-baru ini telah menandatangani perjanjian multi-tahun dengan Qualcomm mengenai penggunaan chipset Snapdragon di smartphone unggulan Galaxy, mulai dari seri Galaxy S24 . Hal ini menghasilkan chipset "for Galaxy" yang disesuaikan yang terlihat di beberapa perangkat Samsung S-series terbaru. Mengingat perjanjian ini, rasanya wajar untuk mengharapkan setidaknya beberapa generasi lagi dari seri Galaxy S dan Galaxy Z yang akan menggunakan prosesor Snapdragon kelas atas .

Selain itu, Samsung juga harus membayar biaya lisensi/royalti (untuk kompatibilitas jaringan CDMA) kepada Qualcomm di Amerika Utara daripada menggunakan chipset Snapdragon . Selain itu, Qualcomm juga menyebutkan dalam panggilan pendapatan mereka bahwa mereka telah mengamankan pesanan dari Samsung untuk smartphone unggulan masa depan .

Oleh karena itu, kecuali chipset Exynos 2500 memiliki kinerja yang setara atau lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 4 di segala aspek (CPU, GPU, modem, dan efisiensi daya), kami pikir Samsung mungkin tidak akan melanjutkan dengan chipset Exynos secara eksklusif tahun depan. Jadi, ambil rumor ini dengan sejumput garam.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

ColorOS 14 Berbasis Android 14 Mulai Dirilis Secara Global, Ini Jadwalnya

Galaxy Z Fold 6 Ultra: Smartphone Lipat Canggih dari Samsung