in

Redmi Note 13 Pro+: Smartphone Mid-range dengan Desain Baru dan Fitur Unggulan

Xiaomi kembali meluncurkan seri Redmi Note terbarunya di awal tahun 2024, yaitu Redmi Note 13. Seri ini terdiri dari lima model yang berbeda, masing-masing menawarkan harga dan spesifikasi yang beragam. Salah satu model yang paling menarik adalah Redmi Note 13 Pro+, yang merupakan model tertinggi di seri ini. Redmi Note 13 Pro+ memiliki beberapa fitur unggulan yang jarang ditemukan di kelas mid-range, seperti layar AMOLED lengkung, pengisian cepat 120W, kamera utama 200MP, dan sertifikat IP68. Namun, apakah fitur-fitur ini cukup untuk membuat Redmi Note 13 Pro+ bersaing dengan pesaingnya di pasar smartphone? Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar

Redmi Note 13 Pro+ memiliki desain yang berbeda dari pendahulunya, yaitu Redmi Note 12 Pro+. Xiaomi memberikan sentuhan lebih premium dengan menggunakan bahan kaca di bagian depan dan belakang, serta memberikan efek lengkung di sisi-sisi layar. Bagian belakang juga memiliki pola baru yang menarik, dengan modul kamera persegi yang terletak di pojok kiri atas. Redmi Note 13 Pro+ tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan biru.

Salah satu fitur unggulan Redmi Note 13 Pro+ adalah layarnya, yang merupakan panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi 1220 x 2712 piksel. Layar ini memiliki keunggulan seperti warna 12-bit, refresh rate 120Hz, dukungan Dolby Vision dan HDR10+, serta kecerahan maksimal 1800 nits. Layar ini juga dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, yang merupakan lapisan pelindung terkuat saat ini. Selain itu, Redmi Note 13 Pro+ juga memiliki sensor sidik jari di bawah layar, yang merupakan hal baru di seri Redmi Note.

Fitur lain yang jarang ditemukan di kelas mid-range adalah sertifikat IP68, yang menunjukkan bahwa Redmi Note 13 Pro+ tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Ini adalah fitur yang sangat berguna untuk melindungi smartphone dari kerusakan akibat cipratan atau terjatuh ke dalam air.

Kinerja dan Baterai

Redmi Note 13 Pro+ ditenagai oleh chipset Mediatek Dimensity 7200 Ultra, yang merupakan chipset 4 nm dengan delapan inti CPU dan GPU Mali-G610 MC4. Chipset ini menawarkan kinerja yang baik untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game, serta mendukung konektivitas 5G dan eSIM. Redmi Note 13 Pro+ juga dilengkapi dengan memori UFS 3.1 yang cepat, dengan pilihan kapasitas 256GB atau 512GB, serta RAM 8GB, 12GB, atau 16GB.

Baterai Redmi Note 13 Pro+ memiliki kapasitas 5000 mAh, yang cukup untuk bertahan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Namun, yang lebih menarik adalah fitur pengisian cepat 120W, yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu hanya 19 menit, menurut klaim Xiaomi. Ini adalah fitur yang sangat menghemat waktu dan praktis, terutama jika Anda sering bepergian atau lupa mengisi baterai.

Kamera

Redmi Note 13 Pro+ memiliki empat kamera di bagian belakang, yaitu kamera utama 200MP, kamera ultra wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera selfie 16MP. Kamera utama 200MP adalah fitur yang paling menonjol, karena merupakan kamera dengan resolusi tertinggi di pasar saat ini. Kamera ini juga memiliki fitur seperti PDAF multi-arah, OIS, dan zoom tanpa kehilangan kualitas hingga 4x. Kamera ini mampu menghasilkan foto yang detail, tajam, dan berwarna cerah, baik di siang hari maupun malam hari.

Kamera ultra wide 8MP memiliki sudut pandang 120 derajat, yang cocok untuk mengambil foto pemandangan atau kelompok. Namun, kualitas foto dari kamera ini tidak sebaik kamera utama, terutama di kondisi cahaya rendah. Kamera makro 2MP adalah fitur yang kurang berguna, karena hanya dapat mengambil foto objek yang sangat dekat dengan jarak minimal 4 cm. Kualitas foto dari kamera ini juga sangat buruk, dengan detail dan warna yang buram.

Kamera selfie 16MP terletak di lubang kecil di tengah atas layar. Kamera ini dapat mengambil foto selfie yang cukup bagus, dengan wajah yang terlihat alami dan tidak terlalu halus. Kamera ini juga mendukung fitur seperti HDR, mode potret, dan mode kecantikan.

Untuk merekam video, Redmi Note 13 Pro+ dapat merekam video 4K dengan kecepatan 24 atau 30 fps, atau video 1080p dengan kecepatan 30, 60, atau 120 fps. Kamera ini juga memiliki fitur seperti gyro-EIS, yang dapat mengurangi getaran saat merekam video. Namun, sayangnya, Redmi Note 13 Pro+ tidak mendukung fitur merekam video 4K dengan kecepatan 60 fps, yang merupakan fitur yang sudah umum di kelas mid-range.

Perangkat Lunak

Redmi Note 13 Pro+ menjalankan sistem operasi Android 13, dengan antarmuka MIUI 14. Ini adalah salah satu kelemahan dari smartphone ini, karena Android 13 sudah ketinggalan zaman dan tidak mendapatkan pembaruan keamanan secara rutin. Selain itu, MIUI 14 juga memiliki beberapa masalah, seperti iklan yang mengganggu, bloatware yang banyak, dan notifikasi yang tidak konsisten. Xiaomi sebenarnya sudah mengembangkan antarmuka baru yang disebut HyperOS, yang diklaim lebih ringan, lebih cepat, dan lebih bersih dari MIUI. Namun, sayangnya, Redmi Note 13 Pro+ belum mendapatkan antarmuka ini, dan belum ada jadwal kapan akan mendapatkannya.

Kesimpulan

Redmi Note 13 Pro+ adalah smartphone mid-range yang memiliki beberapa fitur unggulan, seperti desain baru yang lebih premium, layar AMOLED lengkung yang luar biasa, pengisian cepat 120W yang sangat cepat, kamera utama 200MP yang mengagumkan, dan sertifikat IP68 yang jarang ditemukan di kelasnya. Namun, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti perangkat lunak yang ketinggalan zaman dan tidak stabil, kamera tambahan yang tidak berguna, dan fitur merekam video yang tidak lengkap. Selain itu, harga Redmi Note 13 Pro+ juga lebih mahal dari pendahulunya, sehingga nilai yang ditawarkannya tidak sebesar sebelumnya.

Redmi Note 13 Pro+ adalah smartphone yang cocok untuk Anda yang mencari smartphone mid-range dengan fitur-fitur unggulan, dan tidak terlalu peduli dengan perangkat lunak dan kamera tambahan. Namun, jika Anda mencari smartphone mid-range dengan perangkat lunak yang lebih baik, kamera yang lebih lengkap, dan harga yang lebih terjangkau, Anda mungkin ingin melihat pilihan lain, seperti Samsung Galaxy A54, Google Pixel 6a, atau OnePlus 12.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

iMac M3 Kini Tersedia di Toko Refurbished Apple di AS

Laptop Gaming Ringkas dan Tangguh: ASUS ROG Zephyrus G14 (2024)