in

Proyek Mobil Listrik Apple Dibatalkan Setelah Sepuluh Tahun Berkembang

Apple telah memutuskan untuk menghentikan proyek mobil listriknya, yang dikenal dengan nama Project Titan, setelah sepuluh tahun berkembang tanpa hasil yang memuaskan. Menurut laporan dari Bloomberg, perusahaan ini akan memindahkan sebagian karyawan yang bekerja di proyek tersebut ke bidang kecerdasan buatan generatif, salah satu prioritas utama Apple saat ini .

Proyek mobil listrik Apple dimulai pada tahun 2014, dengan harapan menjadi bisnis baru yang besar bagi perusahaan. Rencananya, mobil tersebut akan memiliki kemewahan, interior seperti limusin, kemampuan mengemudi sendiri tingkat tinggi, dan harga sekitar 100.000 dolar AS . Namun, ambisi tersebut terus berkurang seiring waktu. Misalnya, proyek tersebut sempat ditunda dari tahun 2026 menjadi 2028, dan kemampuan mengemudi sendiri diturunkan dari level 4 menjadi level 2+ . Selain itu, proyek tersebut juga mengalami banyak perubahan kepemimpinan dan kebocoran informasi .

Keputusan untuk membatalkan proyek mobil listrik Apple diambil oleh para eksekutif tertinggi Apple bulan ini, setelah proyek tersebut mencapai titik kritis. Para eksekutif khawatir bahwa proyek tersebut tidak akan memberikan margin keuntungan yang diharapkan. Selain itu, proyek tersebut juga masih berada di tahap "pra-prototipe", yang berarti belum ada produk nyata yang dibuat .

Pembatalan proyek mobil listrik Apple tidak terlalu mengejutkan bagi banyak orang yang mengikuti perkembangannya. Proyek tersebut telah dikenal bermasalah sejak lama, dan Apple akan menghadapi biaya awal yang tinggi dan lingkungan regulasi yang sulit bahkan jika berhasil membuat produknya. Salah satu tanda bahwa proyek tersebut tidak akan berlanjut adalah kepergian Doug Field, mantan insinyur Apple yang kemudian bekerja di Tesla, dari Apple ke Ford pada tahun 2021 .

Dengan dibatalkannya proyek mobil listrik Apple, bidang ekspansi masa depan yang diketahui dari Apple meliputi realitas campuran, perangkat yang bisa dipakai, dan kecerdasan buatan generatif. Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait pembatalan proyek tersebut .

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Tecno Pova 6 Pro 5G: Smartphone Gaming dengan Baterai Jumbo dan Pengisian Cepat

Apple Watch atau Garmin Watch: Jam tangan pintar mana yang lebih baik?