in

Redmi Note 13 4G: Smartphone Murah dengan Layar AMOLED 120Hz dan Kamera 108MP

Xiaomi kembali meluncurkan seri Redmi Note 13 yang terdiri dari lima model dengan berbagai spesifikasi dan harga. Salah satu model yang paling terjangkau adalah Redmi Note 13 4G, yang tidak memiliki konektivitas 5G, tetapi tetap menawarkan fitur-fitur menarik seperti layar AMOLED 120Hz, kamera utama 108MP, baterai 5.000mAh, dan pengisian cepat 33W. Apakah Redmi Note 13 4G layak untuk dibeli? Berikut adalah ulasan singkat tentang smartphone ini.

Desain dan Warna

Redmi Note 13 4G memiliki desain kotak dengan sisi-sisi rata yang mirip dengan tren smartphone modern yang dimulai oleh Apple beberapa tahun lalu. Namun, Anda masih bisa dengan mudah mengetahui bahwa ini adalah smartphone terjangkau dengan bingkai plastik yang lebih murah dan bezel di sekitar layar yang sedikit lebih tebal dari biasanya. Bagian belakang memiliki finishing mengkilap dan terutama pada versi hitam, sangat mudah terkena sidik jari. Namun, dekorasi smartphone ini cukup sederhana dan menarik.

Tombol daya dan volume berada di sisi kanan smartphone, di sisi kiri tidak ada tombol, di bagian bawah Anda dapat menemukan port USB-C, speaker, dan slot kartu SIM, dan di bagian atas Anda memiliki jack headphone 3,5mm dan bahkan IR blaster. Cukup banyak fitur yang ditawarkan!

Redmi Note 13 4G tersedia dalam pilihan tiga warna:

  • Midnight Black
  • Ice Blue
  • Mint Green

Layar

Salah satu fitur unggulan Redmi Note 13 4G adalah layarnya. Smartphone ini memiliki layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi 1080p dan refresh rate 120Hz. Layar ini dapat mencapai kecerahan hingga 1800 nits dan dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Layar AMOLED menawarkan warna-warna yang hidup dan kontras yang tinggi, serta hemat daya. Refresh rate 120Hz membuat layar lebih responsif dan halus, terutama saat bermain game atau scrolling. Layar ini juga memiliki sensor sidik jari di bawahnya yang cukup cepat dan akurat.

Kamera

Redmi Note 13 4G memiliki tiga kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. Kamera utama adalah 108MP dengan aperture f/1.8, yang dapat menghasilkan foto-foto dengan detail yang tinggi dan jangkauan dinamis yang baik. Kamera ini juga mendukung sensor crop zoom, yang memungkinkan Anda memperbesar gambar tanpa kehilangan kualitas. Kamera ultra-wide adalah 8MP dengan aperture f/2.2 dan sudut pandang 120 derajat, yang dapat menangkap pemandangan yang lebih luas, tetapi dengan kualitas yang lebih rendah. Kamera makro adalah 2MP dengan aperture f/2.4, yang dapat mengambil foto-foto objek yang sangat dekat, tetapi dengan resolusi yang sangat rendah. Kamera depan adalah 16MP dengan aperture f/2.4, yang dapat mengambil selfie yang cukup bagus, tetapi tidak ada fitur khusus seperti portrait mode atau night mode.

Performa

Redmi Note 13 4G ditenagai oleh chipset Snapdragon 685 yang dibuat dengan proses 6nm. Chipset ini memiliki delapan inti CPU, empat inti Cortex-A73 dengan kecepatan 2,8GHz dan empat inti Cortex-A53 dengan kecepatan 1,9GHz. Chipset ini juga memiliki GPU Adreno 610 yang dapat menangani game-game dengan grafis menengah. Anda dapat memilih antara 6GB dan 8GB RAM dan 128GB dan 256GB penyimpanan. Ada juga slot microSD untuk ekspansi penyimpanan.

Smartphone ini menjalankan Android 13 dengan antarmuka MIUI 14. Antarmuka ini menawarkan banyak fitur dan personalisasi, tetapi juga banyak iklan dan bloatware yang mengganggu. Anda dapat menonaktifkan sebagian besar iklan dan bloatware, tetapi Anda harus melakukannya secara manual. Antarmuka ini juga cukup lancar dan stabil, tetapi masih ada beberapa bug dan lag yang perlu diperbaiki.

Baterai dan Pengisian

Redmi Note 13 4G memiliki baterai 5.000mAh yang dapat bertahan sekitar satu hari dan setengah dengan penggunaan normal. Baterai ini mendukung pengisian cepat 33W, yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 50% dalam 29 menit dan hingga 100% dalam 70 menit. Sayangnya, smartphone ini tidak mendukung pengisian nirkabel, yang mungkin bukan masalah besar bagi sebagian orang.

Kesimpulan

Redmi Note 13 4G adalah smartphone terjangkau yang menawarkan fitur-fitur yang biasanya hanya ada di smartphone kelas menengah atau premium. Layar AMOLED 120Hz, kamera utama 108MP, baterai 5.000mAh, dan pengisian cepat 33W adalah nilai tambah yang besar bagi smartphone ini. Namun, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti desain yang mudah terkena sidik jari, kamera ultra-wide dan makro yang kurang memuaskan, antarmuka yang penuh dengan iklan dan bloatware, dan tidak adanya 5G. Jika Anda tidak membutuhkan 5G dan dapat mengabaikan kekurangan-kekurangan tersebut, maka Redmi Note 13 4G adalah pilihan yang bagus dengan harga yang terjangkau.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Siap Meluncurkan Produk Baru di Acara Unpacked Juli 2024

Infinix GT Ultra: Smartphone Gaming Terkencang dengan Skor AnTuTu 2,2 Juta