in

Xiaomi 14 dan 14 Ultra Resmi Meluncur di MWC 2024

Xiaomi, salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, baru saja mengumumkan peluncuran global seri flagship terbarunya, Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol. Kedua smartphone ini sebelumnya telah diluncurkan di China, tetapi kini siap untuk bersaing di pasar internasional. Sayangnya, Xiaomi 14 Pro tidak mendapatkan versi global, meskipun perbedaannya dengan Xiaomi 14 tidak terlalu signifikan.

Xiaomi 14 adalah smartphone Android 14 dengan layar AMOLED 6,36 inci dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan maksimal 3.000 nits. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm, dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan hingga 1TB. Smartphone ini menjalankan Android 14 dengan antarmuka HyperOS dari Xiaomi.

Di bagian belakang, terdapat tiga kamera 50 megapiksel yang dibuat dengan bantuan Leica. Kamera utama memiliki aperture f/1.6 dan sensor 1/1.31 inci dengan dual-pixel PDAF. Kamera telefoto memiliki lensa zoom 3.2x setara 75 mm, sedangkan kamera ketiga adalah kamera ultra-wide-angle. Kamera selfie di bagian depan adalah kamera wide 32 megapiksel dengan kemampuan merekam video 4K.

Smartphone ini memiliki baterai besar 4.660 mAh dengan pengisian cepat kabel 90W, nirkabel 50W, dan balik nirkabel 10W. Fitur lain yang menarik adalah suara stereo hi-res dan ketahanan debu/air IP68.

Dari segi desain, Xiaomi 14 memiliki bingkai aluminium, kaca depan datar dengan bezel tipis di semua sisi dan lubang kamera selfie, serta tonjolan kamera belakang persegi besar, dengan sedikit penonjolan yang membuatnya lebih menonjol. Detail seperti ini tidak mengubah kenyataan bahwa smartphone ini terlihat mirip dengan iPhone, dan Anda akan melihat kemiripan di perangkat lunaknya juga. Misalnya, HyperOS baru dari Xiaomi memiliki panel kontrol geser ke bawah yang sangat mirip dengan Control Center di iOS Apple.

Xiaomi 14 Ultra memiliki tonjolan kamera belakang bulat yang lebih mengesankan, dan bagian belakang ber tekstur, yang dibuat dari bahan yang disebut Xiaomi sebagai "nano-tech vegan leather". Smartphone ini juga memiliki jenis layar melengkung baru, yang melengkung sama di semua sisi dan bahkan di sudut-sudut; Xiaomi menyebut ini sebagai "all around liquid display", dan meskipun kelengkungan halus, layarnya cukup bagus dibandingkan dengan layar melengkung lainnya.

Xiaomi 14 Ultra hanya tersedia dalam warna putih dan hitam; sedangkan Xiaomi 14 juga tersedia dalam warna Jade Green dan Snow Mountain Pink.

Di dalam, Ultra adalah versi yang sedikit lebih bertenaga dari Xiaomi 14 yang sudah sangat kuat. Smartphone ini memiliki layar AMOLED 6,73 inci dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan maksimal 3.000 nits. Xiaomi menggunakan lembar pelindung khusus yang disebut Shield Glass. Kamera utama 50 megapiksel tetap memiliki aperture variabel tetapi menjadi lebih terang f/1.6 dan mendapatkan sensor baru 1 inci. Kamera telefoto 5x dengan lensa periskop, kamera telefoto 3.2x, dan kamera ultra-wide-angle tetap sama dengan pendahulunya – sensor Sony IMX858 50 megapiksel yang berukuran 1/2.51 inci. Xiaomi 14 Ultra memiliki baterai lebih besar 5.300 mAh dengan pengisian cepat kabel 90W, nirkabel 80W, dan balik nirkabel 10W. Smartphone ini datang dengan Android 14 berbasis HyperOS dari kotak.

Xiaomi 14 lebih kecil tersedia dalam warna Hitam, Putih, dan Jade Green dan akan memiliki dua varian penyimpanan (12GB/256GB, 12GB/512GB) dan harga mulai dari €1.000. Xiaomi 14 Ultra yang perkasa akan dibanderol €1.500 dalam warna Hitam atau Putih dalam satu varian penyimpanan (16GB/512GB).

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Amazon Membayar $1,9 Juta kepada Pekerja Migran yang Dieksploitasi di Arab Saudi

Cara Membuat Gambar AI dengan Microsoft Paint di Windows 11