in

Google Tensor G3, Prosesor Smartphone Pertama yang Mendukung Enkoding AV1 4K 60FPS

Google Tensor G3 adalah prosesor smartphone generasi terkini dari Google, yang digunakan pada seri Pixel 8. Prosesor ini memiliki fitur tersembunyi yang menarik, yaitu dukungan untuk codec AV1. Ini menjadikannya prosesor smartphone pertama yang mampu menangani video AV1. Bahkan, prosesor ini dapat mengenkoding video dengan resolusi 4K dan 60 frame per detik (FPS).

AV1 adalah standar kompresi video baru yang menjanjikan kualitas dan kompresi yang lebih baik dibandingkan codec lama H.264. Mishaal Rahman, seorang pengamat teknologi, membagikan potongan kode yang mengonfirmasi dukungan prosesor Tensor G3 untuk codec AV1 hingga resolusi 4K dan 60FPS. Ini membuat Tensor G3 unggul dari pesaingnya seperti Qualcomm, MediaTek, dan Samsung dalam hal kemampuan enkoding spesifik ini.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Meskipun Tensor G3 mendukung codec AV1, saat ini tidak ada aplikasi yang umum digunakan, termasuk aplikasi kamera Google sendiri, yang dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengenkoding dengan 4K 60FPS. Tanpa dukungan perangkat lunak, pengguna tidak akan langsung mendapatkan manfaat dari kemampuan perangkat keras ini. Jadi, ketiadaan dukungan enkoding AV1 pada chipset lain mungkin juga disebabkan oleh masalah kompatibilitas.

Format H.264 masih menjadi codec yang banyak digunakan dan didukung saat ini, yang memastikan video dapat ditonton dengan mudah di berbagai perangkat. Namun, penting untuk dicatat bahwa chip Apple A17 Pro, yang digunakan pada model iPhone 15 Pro, juga mendukung dekoding AV1 tetapi tidak enkoding.

Google kemungkinan akan memperkenalkan dukungan enkoding AV1 pada iterasi chip Tensor selanjutnya dan memperbarui aplikasi kameranya untuk memanfaatkan fitur ini. Namun, begitu aplikasi mulai mendukung enkoding AV1 dengan 4K 60FPS, kemampuan unik Tensor G3 tetap lebih sebagai keingintahuan teknis daripada keuntungan praktis bagi pengguna.

Google Tensor G3 adalah prosesor smartphone pertama di dunia yang mendukung enkoding AV1 untuk video hingga 4K 60FPS. Pelajari lebih lanjut tentang hal ini di sini.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Apa Bedanya Garmin Forerunner 165 dan Garmin Forerunner 165 Music?

MacBook Air M3 Akan Segera Hadir: Ini yang Perlu Anda Ketahui