in

X, Mantan Twitter, Dibatasi Lagi di India: Pemerintah India Memaksa X untuk Sensor Akun-Akun Terkait Protes Petani

Pada tanggal 22 Februari 2024, X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, kembali membatasi konten di India. Akun Global Government Affairs perusahaan mengumumkan bahwa pemerintah India telah mengeluarkan perintah eksekutif yang mewajibkan X menahan akun-akun dan postingan tertentu atau menghadapi sanksi berupa "denda besar dan penjara" .

Meskipun X tidak setuju dengan perintah tersebut, perusahaan ini akan mematuhi perintah tersebut. Postingan dan akun yang ditentukan hanya akan diblokir di dalam India, meskipun belum ada daftar yang jelas mengenai akun-akun yang terkena dampak. Akun-akun yang terkena kemungkinan berpusat pada protes petani yang sedang berlangsung. Sejak tanggal 13 Februari, beberapa serikat petani melakukan mogok untuk mendapatkan harga lantai atau harga dukungan minimum untuk hasil panen yang dijual. Bentrokan kekerasan antara para pengunjuk rasa dan polisi telah menyebabkan setidaknya satu kematian .

X sebelumnya telah terlibat dalam beberapa insiden dengan India. Pada tahun 2022, X menggugat pemerintah India karena penerapan hukum IT yang "sepihak dan tidak proporsional" yang disahkan pada tahun sebelumnya. Hukum tersebut mengharuskan perusahaan untuk memiliki kontak dengan otoritas setempat dan seorang pejabat kepatuhan domestik. Sebelum memberikan konsesi ini, pada awal tahun 2021, pemerintah India telah mengancam akan menahan karyawan X jika postingan tentang protes petani yang saat itu sedang berlangsung tetap ada di situs web. Tak lama setelah itu, negara tersebut memerintahkan X untuk menghapus konten yang mengkritik responsnya terhadap COVID-19. India menolak gugatan X pada Juni 2023, dengan menyatakan bahwa perusahaan tersebut tidak menjelaskan dengan benar mengapa ia pernah menunda kepatuhannya terhadap hukum IT negara tersebut. Pengadilan juga memberikan denda sebesar 5 juta rupee ($60.300) kepada X, dengan menyatakan, "Anda bukan petani, tetapi perusahaan bernilai miliaran dolar." Perintah ini datang tak lama setelah salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, mengklaim bahwa India telah mengancam akan merazia rumah karyawan dan menutup situs web jika perusahaan tersebut tidak menghapus postingan selama protes petani .

Referensi:

  1. Yahoo News
  2. MSN
  3. West Observer

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Apple: Inovasi Terkini dan Pengaruhnya di Dunia Teknologi

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Spinoff John Wick: Ballerina