in

iOS Melarang Emulator PC, Hanya Izinkan Emulator Konsol Retro

Apple telah mengambil sikap tegas terhadap emulator PC di platform iOS. Meskipun perusahaan baru-baru ini mengizinkan emulator, batasan tersebut hanya berlaku untuk emulator "konsol game retro".

Larangan ini terungkap oleh pengembang iDOS 3 (emulator DOS populer) dan UTM SE (emulator Windows untuk iOS). Kedua emulator ini telah ditolak oleh Apple.

Pengembang iDOS 3 menerima pemberitahuan penolakan yang menyatakan bahwa aplikasi tersebut "menyediakan fungsi emulator tetapi tidak secara khusus mengemulasi konsol game retro". Hal ini melanggar pedoman Apple 4.7.

Ketika sang pengembang menanyakan perubahan apa yang perlu dilakukan agar iDOS 3 memenuhi syarat, perwakilan Apple mengaku tidak tahu. Mereka juga tidak memberikan jawaban yang jelas tentang definisi "konsol game retro".

UTM SE juga menerima penolakan serupa. Dewan Peninjauan App Store menyatakan bahwa "PC bukanlah konsol". Padahal, pengembang berpendapat bahwa ada game Windows dan DOS retro untuk PC yang dapat dijalankan dengan UTM SE.

Dalam kasus UTM SE, Apple melangkah lebih jauh dengan mencegah aplikasi tersebut mendapatkan notaris untuk didaftarkan di toko aplikasi pihak ketiga di UE. Hal ini karena aplikasi tersebut diduga melanggar pedoman 2.5.2, yang menyatakan bahwa aplikasi harus mandiri dan tidak dapat menjalankan kode "yang memperkenalkan atau mengubah fitur atau fungsi aplikasi, termasuk aplikasi lain".

Kebingungan ini mencerminkan interaksi yang tidak konsisten dengan Dewan Peninjauan Apple selama ini. Namun, yang jelas adalah bahwa pengguna iOS tidak boleh berharap untuk melihat emulator PC tersedia di platform tersebut, meskipun emulator untuk "konsol game retro" masih diizinkan.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Vivo Siap Meluncurkan Tablet Vivo Pad3

HMD Global Luncurkan Ponsel Seri HMD 100 yang Tahan Air dan Terjangkau