in

Apple Bermitra dengan OpenAI untuk Kemampuan AI pada iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia

Pada WWDC tahun ini, Apple mengumumkan kemitraannya dengan OpenAI untuk mengintegrasikan model ChatGPT-4o ke dalam berbagai fitur iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Meskipun demikian, menurut laporan Bloomberg, Apple dan OpenAI tidak akan terlibat dalam transaksi keuangan dalam kesepakatan ini.

Bagi OpenAI, kemitraan ini memberikan eksposur yang signifikan melalui perangkat Apple. Dengan demikian, keuntungan yang didapat dianggap lebih berharga daripada uang. Selain itu, Apple juga sedang bernegosiasi dengan Anthropic dan Google untuk mengimplementasikan chatbot mereka ke dalam sistem operasi Apple.

Tujuan akhir dari upaya ini adalah untuk menawarkan berbagai pilihan layanan AI kepada pengguna, serupa dengan keberadaan berbagai peramban web dan mesin pencari. Hal ini menguatkan laporan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Apple tidak bergantung pada satu pihak saja dalam pengembangan AI.

Namun, migrasi pengguna ke AI alih-alih melakukan pencarian sederhana di Google dapat berdampak negatif pada kinerja keuangan Apple dalam jangka panjang. Google membayar sejumlah besar uang untuk menjadi penyedia pencarian default Apple. Jika kemitraan ini berakhir, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu harus mencari cara lain untuk memonetisasi layanannya.

Salah satu cara yang mungkin adalah dengan membagi pendapatan dengan perusahaan AI yang terlibat. Misalnya, monetisasi OpenAI dari hasil chatbot yang terintegrasi di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS dapat mengarah pada pembagian pendapatan dengan Apple.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Rilis Beta Pertama One UI 6 Watch untuk Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic

WhatsApp Perbarui Fitur Panggilan Video dengan Sejumlah Peningkatan