in

Intel Meluncurkan Xeon 6, Seri Prosesor Server dengan Performa Efisien

Intel baru saja memperkenalkan seri prosesor server terbaru mereka, Xeon 6. Seri ini hadir dalam dua varian, Sierra Forrest dan Granite Rapids.

Sierra Forrest dirancang khusus untuk memberikan kepadatan inti yang tinggi, dengan seri 6700E yang menggunakan E-cores secara eksklusif. Seri ini menawarkan hingga 144 inti per soket.

Model di jajaran Sierra Forrest berkisar dari Xeon 6 6710E dengan 64 inti hingga 6766E dan 6780E dengan 144 inti. Model-model ini memiliki basis frekuensi mulai dari 1,9 GHz hingga 2,2 GHz dan frekuensi turbo all-core hingga 3 GHz. Semua model dilengkapi dengan 96MB L3 cache dan konektivitas PCIe 5.0 yang melimpah dengan 88 jalur.

Menurut Intel, prosesor berbasis E-core ini sangat cocok untuk beban kerja yang dapat diparalelkan yang tidak membutuhkan kinerja inti tunggal yang luar biasa. Intel mengklaim bahwa dengan menggunakan Xeon 6, jumlah rak server yang diperlukan dapat dikurangi hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya.

Selain itu, Intel juga mengumumkan Granite Rapids, seri prosesor Xeon 6 lainnya yang akan hadir pada Kuartal ke-3 tahun ini. Granite Rapids akan menampilkan P-core yang lebih bertenaga, yang lebih cocok untuk tugas komputasi yang lebih berat seperti AI dan computer vision.

Ditargetkan untuk rilis Kuartal ke-3 tahun ini, Intel juga mengonfirmasi ketersediaan umum akselerator AI Gaudi 3.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Nothing CMF Phone 1: Smartphone Budget dengan Fitur Screw Unik

Perkembangan Terbaru dalam Teknologi Kaca Layar Smartphone