in

Google Pixel 8a Mahal; Pertimbangkan Pilihan Alternatif

Google Pixel 8a dibanderol dengan harga $500, menimbulkan perdebatan apakah harga tersebut terlalu tinggi untuk ponsel kelas menengah. Terlebih lagi, Pixel 8 kelas atas pernah dijual mendekati harga tersebut beberapa kali di masa lalu.

Namun, saat ini Pixel 9 series belum dirilis, sedangkan Pixel 8 memiliki harga yang cukup mahal dan beberapa varian warna hampir habis. Di sisi lain, Pixel 8a menawarkan beberapa penawaran.

Amazon misalnya, menawarkan kartu hadiah senilai $100 dengan pembelian Google Pixel 8a. Kartu hadiah tersebut dapat digunakan untuk membeli casing, pengisi daya, headphone, atau kebutuhan lainnya. Perlu diingat bahwa tahun ini tersedia opsi penyimpanan 256GB bagi yang kesulitan menyimpan data dalam kapasitas 128GB.

Meski begitu, jangan terburu-buru membeli Pixel. Samsung Galaxy A35 kini lebih murah $40 dari minggu lalu, sehingga lebih murah dari Pixel 8a, meskipun kartu hadiah sudah dikurangi dari harganya. Pixel akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama (7 tahun vs. pembaruan OS selama 4 tahun dan tambalan selama 5 tahun untuk Galaxy).

Galaxy A35 memiliki layar yang lebih besar (6,6" vs. 6,1"), yang bisa menjadi kelebihan atau kekurangan, tergantung preferensi. Baterai yang lebih besar (5.000mAh vs. 4.492mAh) jelas menjadi kelebihan, tetapi tidak ada pengisian daya nirkabel (Pixel memiliki pengisian daya 7,5W). Perlu diketahui bahwa Galaxy memiliki slot microSD.

Jika Anda bersedia membayar $500, mengapa tidak mempertimbangkan Samsung Galaxy S23 FE? Harganya masih sama dengan minggu lalu, yaitu $500 untuk model 8/128GB dan $560 untuk model 8/256GB. Kebetulan, harga tersebut sama dengan pilihan memori yang sama untuk Pixel, tidak termasuk kartu hadiah. Jadi, S23 FE menjadi lebih mahal.

Meskipun Tensor G3 tidak memiliki reputasi terbaik, namun ponsel ini mampu mengungguli Snapdragon 8 Gen 1 yang ada di dalam Samsung. Anda juga akan mendapatkan kamera tele 3x 8MP dengan Galaxy sementara Pixel hanya memiliki zoom in-sensor dan Samsung DeX. Android 15 mungkin akan menghadirkan lingkungan desktop, tetapi tidak akan sematang DeX. S23 FE memiliki jadwal pembaruan yang sama dengan A35, tetapi Galaxy ini sudah berusia satu tahun, memberikan keunggulan yang lebih besar bagi Pixel.

OnePlus 12R lebih murah $70 dari minggu lalu. Hanya ada satu pilihan memori, tetapi ponsel ini mempermalukan Samsung dan Google dengan RAM 16GB. Penyimpanannya 256GB, tidak dapat diperluas. OnePlus 12R memiliki Snapdragon 8 Gen 2 (yang mengungguli Tensor G3) dan layar LTPO, yang tidak dimiliki ponsel lain dalam daftar ini. Peringkat ketahanan airnya lebih rendah pada IP64, tetapi tidak terlalu menjadi masalah dalam praktiknya. Baterainya lebih besar dari yang lain pada 5.500mAh dan meskipun hanya dapat diisi daya secara kabel, pengisian dayanya cepat pada 80W.

Jika Anda memutuskan untuk membeli Pixel 8a, bagaimana Anda akan menggunakan kartu hadiah $100 tersebut? Tambahkan $40 dan dapatkan Pixel Buds Pro. Produk ini berfungsi dengan AI penerjemahan langsung yang aktif dikembangkan Google.

Atau, jika Anda pengguna Apple, Anda dapat memilih Beats Studio Buds. Produk ini cukup tua saat ini, tetapi harganya hanya $100 dan dilengkapi dengan AppleCare+ selama 2 tahun untuk Headphone, memberi Anda ketenangan pikiran. Produk ini memiliki ANC dan masa pakai baterai hingga 8 jam untuk bud (total 24 jam dengan casing).

Beats Fit Pro lebih mahal, tetapi dirancang untuk olahraga. Artinya terdapat sayap karet pada bud untuk pemasangan yang lebih aman saat Anda berolahraga dan peringkat ketahanan percikan IPX4, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hujan atau keringat. Produk ini didukung oleh chip Apple H1 dan bertahan hingga 6 jam sendiri (total 24 jam dengan casing).

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Poco F6 dan F6 Pro Hadir dengan Kemiripan Redmi K70

Realme GT 6T Diluncurkan di India dengan Spesifikasi Unggulan