in

Cara Mudah Membuka dan Memformat Kartu SD yang Dilindungi Penulisan

Kartu SD adalah salah satu media penyimpanan yang sering digunakan untuk menyimpan data penting, seperti foto, video, musik, dokumen, dan lain-lain. Namun, terkadang kita mengalami masalah ketika ingin memformat atau mengubah isi kartu SD, yaitu muncul pesan kesalahan "Disk dilindungi penulisan". Apa artinya pesan ini, dan bagaimana cara mengatasinya?

Pesan kesalahan "Disk dilindungi penulisan" berarti bahwa kartu SD Anda berada dalam keadaan read-only, yaitu hanya bisa dibaca, tetapi tidak bisa ditulis atau dihapus. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya virus atau malware, kesalahan sistem, kerusakan fisik, atau adanya saklar perlindungan penulisan pada kartu SD itu sendiri. Jika kartu SD Anda dilindungi penulisan, maka Anda tidak bisa memformat atau memodifikasi isi kartu SD tersebut, sehingga kartu SD menjadi tidak berguna.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menghapus perlindungan penulisan dari kartu SD Anda terlebih dahulu, kemudian memformat kartu SD tersebut agar bisa digunakan kembali untuk menyimpan data. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghapus perlindungan penulisan dari kartu SD Anda:

Cara 1: Menggunakan Saklar Perlindungan Penulisan

Cara pertama dan termudah adalah dengan memeriksa apakah kartu SD Anda memiliki saklar perlindungan penulisan fisik di sisi atau bagian bawah kartu SD. Saklar ini berfungsi sebagai pengaman agar data yang tersimpan di kartu SD tidak terhapus atau terubah secara tidak sengaja. Jika saklar ini ada, pastikan bahwa saklar tersebut berada dalam posisi terbuka atau unlock. Dengan begitu, Anda akan menonaktifkan mekanisme perlindungan penulisan, dan bisa melanjutkan proses format atau modifikasi kartu SD sesuai keinginan Anda.

Cara 2: Menjalankan Perangkat Lunak AntiVirus

Cara kedua adalah dengan menjalankan perangkat lunak antivirus pada komputer Anda, dan memindai kartu SD Anda untuk mencari dan menghapus virus atau malware yang mungkin menyebabkan masalah perlindungan penulisan. Virus atau malware bisa menginfeksi kartu SD Anda dan membuatnya menjadi read-only, agar Anda tidak bisa menghapus atau mengubah file yang terinfeksi. Dengan menggunakan perangkat lunak antivirus yang andal, Anda bisa membersihkan kartu SD Anda dari ancaman-ancaman tersebut, dan mengembalikan akses penuh ke kartu SD Anda.

Cara 3: Menggunakan Alat Penghapus Perlindungan Penulisan

Cara ketiga adalah dengan menggunakan alat penghapus perlindungan penulisan yang bisa Anda unduh secara gratis dari internet. Alat ini bisa membantu Anda menghapus atribut read-only dari kartu SD Anda dengan mudah dan cepat. Salah satu alat yang bisa Anda gunakan adalah EaseUS Partition Master, yang merupakan perangkat lunak partisi disk yang multifungsi. Selain bisa menghapus perlindungan penulisan, alat ini juga bisa memformat, mengubah ukuran, menggabungkan, membagi, dan mengelola partisi disk Anda dengan efisien. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan EaseUS Partition Master:

  • Unduh dan instal EaseUS Partition Master di komputer Anda.
  • Hubungkan kartu SD Anda ke komputer menggunakan koneksi kartu.
  • Buka EaseUS Partition Master, dan pilih kartu SD Anda dari daftar disk.
  • Klik kanan pada kartu SD Anda, dan pilih "Check File System".
  • Pada jendela yang muncul, pilih opsi "Try to fix errors if found", dan klik "Start".
  • Tunggu hingga proses selesai, dan klik "Finish".
  • Klik kanan lagi pada kartu SD Anda, dan pilih "Format".
  • Pada jendela yang muncul, pilih sistem file yang diinginkan (exFAT untuk kartu 64 GB dan FAT32 atau NTFS untuk kartu hingga 32 GB) dan klik "OK".
  • Klik "Execute Operation" di pojok kiri atas, dan klik "Apply" untuk memulai proses format.

Cara 4: Menjalankan Perintah CMD

Cara keempat adalah dengan menggunakan perintah CMD atau Command Prompt, yang merupakan antarmuka baris perintah yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan berbagai perintah pada sistem operasi Windows. Dengan menggunakan perintah CMD, Anda bisa menghapus atribut read-only dari kartu SD Anda dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah CMD:

  • Buka Command Prompt sebagai administrator dengan menekan tombol Windows + R, mengetikkan cmd, dan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter.
  • Ketikkan perintah diskpart dan tekan Enter untuk membuka alat diskpart.
  • Ketikkan perintah list disk dan tekan Enter untuk melihat daftar disk yang tersedia di komputer Anda.
  • Ketikkan perintah select disk x dan tekan Enter untuk memilih kartu SD Anda, di mana x adalah nomor disk yang sesuai dengan kartu SD Anda.
  • Ketikkan perintah attributes disk clear readonly dan tekan Enter untuk menghapus atribut read-only dari kartu SD Anda.
  • Ketikkan perintah exit dan tekan Enter untuk keluar dari alat diskpart.
  • Ketikkan perintah exit dan tekan Enter lagi untuk keluar dari Command Prompt.

Cara 5: Menjalankan Editor Registri

Cara kelima adalah dengan menggunakan editor registri, yang merupakan alat yang bisa Anda gunakan untuk mengubah pengaturan registri pada sistem operasi Windows. Registri adalah basis data yang menyimpan informasi penting tentang konfigurasi sistem, perangkat keras, perangkat lunak, dan preferensi pengguna. Dengan mengubah nilai registri tertentu, Anda bisa menghapus perlindungan penulisan dari kartu SD Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan editor registri:

  • Buka editor registri dengan menekan tombol Windows + R, mengetikkan regedit, dan menekan tombol Enter.
  • Arahkan ke lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlStorageDevicePolicies
  • Jika Anda tidak menemukan folder StorageDevicePolicies, Anda bisa membuatnya dengan mengklik kanan pada folder Control, memilih New, dan memilih Key. Beri nama folder baru tersebut sebagai StorageDevicePolicies.
  • Klik kanan pada folder StorageDevicePolicies, pilih New, dan pilih DWORD (32-bit) Value. Beri nama nilai baru tersebut sebagai WriteProtect.
  • Klik dua kali pada nilai WriteProtect, dan ubah data valuenya menjadi 0. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Tutup editor registri, dan cabut dan pasang kembali kartu SD Anda.

Cara 6: Membawa Perangkat untuk Diperbaiki

Cara keenam dan terakhir adalah dengan membawa kartu SD Anda ke pusat layanan atau toko perbaikan terdekat, jika semua cara di atas tidak berhasil. Kemungkinan besar, kartu SD Anda mengalami kerusakan fisik atau internal yang tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara biasa. Dengan membawa kartu SD Anda ke ahli yang berpengalaman, Anda bisa mendapatkan diagnosis yang tepat dan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah perlindungan penulisan. Namun, Anda harus siap untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk layanan ini, dan juga menerima kemungkinan bahwa kartu SD Anda tidak bisa diperbaiki sama sekali.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghapus perlindungan penulisan dari kartu SD Anda. Setelah Anda berhasil menghapus perlindungan penulisan, Anda bisa memformat kartu SD Anda dengan cara yang sama seperti memformat disk lainnya. Namun, Anda harus ingat bahwa memformat kartu SD akan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya, jadi pastikan Anda sudah membackup data penting Anda sebelumnya. Jika Anda kehilangan data Anda setelah memformat kartu SD, Anda bisa mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data yang andal, seperti Tenorshare 4DDiG, untuk mengembalikan data Anda dengan mudah dan cepat. Sem

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Galaxy Z Flip 6: Desain dan Spesifikasi Bocor, Apa Saja Perubahannya?

Realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Kelas Menengah dengan Kamera Periskop Terbaik