in

Netflix Akan Naikkan Harga Langganan Lagi di Tahun 2024

Netflix, layanan streaming video terbesar di dunia, dikabarkan akan menaikkan harga langganan beberapa paketnya di Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Kenaikan harga ini diumumkan oleh perusahaan dalam surat kepada para pemegang saham pada hari Rabu, 28 Februari 2024 . Pelanggan di wilayah-wilayah tersebut dapat mengharapkan kenaikan harga mulai hari Rabu, dengan perubahan langganan baru akan berlaku untuk pelanggan di Jerman, Spanyol, Jepang, Meksiko, Australia, dan Brasil minggu depan .

Mulai hari Rabu, paket Basic akan naik menjadi $12 per bulan, kenaikan sebesar $2 per bulan, dan paket Premium akan naik menjadi $23 per bulan, kenaikan sebesar $3 per bulan . Harga paket ad-supported ($7) dan paket Standard ($15.50 per bulan) tidak akan berubah . Paket Basic tidak lagi tersedia untuk pelanggan Netflix baru. Pelanggan yang berbagi akun dengan orang di luar rumah tangga mereka juga akan dikenakan biaya tambahan sebesar $8 per orang.

Kenaikan harga ini merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun. Pada Oktober 2023, Netflix juga menaikkan harga paket Basic dari $9.99 menjadi $11.99 per bulan, dan paket Premium dari $19.99 menjadi $22.99 per bulan. Kenaikan serupa juga terjadi di Inggris, dengan paket Basic melonjak dari £6.99 menjadi £7.99 per bulan, dan paket Premium meningkat sebesar £2 dari £15.99 per bulan menjadi £17.99 per bulan. Selain itu, kuartal terakhir tahun 2023 juga melihat kenaikan harga Netflix di wilayah lain seperti Perancis dan Australia.

Netflix belum memberikan alasan resmi mengapa mereka menaikkan harga langganan lagi. Namun, analis dari UBS Securities (dilaporkan oleh Variety) menyarankan bahwa Netflix akan menaikkan harga paket streamingnya di tahun 2024 untuk "mempercepat pertumbuhan pendapatan dan labanya" . Dalam sebuah makalah penelitian yang dirilis minggu ini, John Hodulik dari UBS mengatakan, "Kami berharap akan melihat kenaikan tarif tahun ini." Firma analis tersebut memprediksi bahwa kenaikan harga baru akan membuat pendapatan total Netflix meningkat dari 7% di tahun 2023 menjadi sekitar 15% di tahun 2024. Lonjakan ini tentunya akan menyenangkan para pemegang saham, tetapi membuat kurang menyenangkan bagi para penonton Netflix yang akan dibebani tagihan yang lebih besar setiap bulannya.

Netflix sendiri tampaknya merasa yakin dengan kenaikan harga terbarunya. Dalam panggilan investor terakhirnya, co-CEO Netflix Greg Peters mengklaim bahwa kenaikan harga terakhir "berjalan dengan baik" dan hasilnya "lebih baik dari yang kami perkirakan" . Ini bisa menjadi indikasi bahwa Netflix merasa berani untuk menaikkan harga lagi di masa depan. Dalam panggilan yang sama, Peters juga berkomentar tentang tindakan Netflix untuk memberantas pembagian password yang mulai berlaku pada musim panas tahun lalu. Eksekutif streaming tersebut mengatakan bahwa perusahaan menganggapnya sebagai "bentuk kenaikan harga pengganti" dan karena itu "sebagian besar menunda kenaikan harga" . Namun, penundaan itu tidak berlangsung lama karena pada Oktober 2023 harga sudah naik. Peters juga mencatat bahwa sekarang bahwa tindakan pembagian password sudah diluncurkan dan perusahaan "sepenuhnya puas" dengan hasilnya, Netflix akan melanjutkan "pendekatan standar mereka terhadap kenaikan harga" . Ini tentu saja menunjukkan bahwa kenaikan harga baru ada di meja, tetapi untuk saat ini, Netflix belum mengonfirmasi kenaikan tersebut.

Netflix bukan satu-satunya layanan streaming yang menaikkan harga tahun ini. Beberapa pesaingnya seperti Disney Plus, Hulu, Peacock, Discovery Plus, dan Paramount Plus juga telah menerapkan kenaikan harga dalam tiga bulan terakhir. Dibandingkan dengan Disney Plus dan Hulu, rencana harga baru Netflix akan serupa. Yang menarik, Netflix juga meningkatkan ambisinya di luar streaming video dengan sejumlah proyek baru. Perusahaan meluncurkan game di platformnya pada tahun 2021 untuk ponsel dan baru-baru ini mulai menguji fitur tersebut untuk TV. Jajaran game-nya terus berkembang setiap bulan, dengan beberapa rilis yang didasarkan pada properti Netflix. Game termasuk dalam semua keanggotaan tanpa biaya tambahan. Penyiar juga mengambil langkah kecil ketika datang ke pemrograman olahraga langsung dengan Netflix Cup perdana mereka. Pada bulan November, penonton dapat menonton acara golf langsung yang menggabungkan atlet Formula 1 dan PGA dalam kontes untuk gelar tertinggi..

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Vivo Siapkan Ponsel Lipat dan Tablet Flagship, Rilis Akhir Maret?

JBL Wave Flex TWS: Earbuds Murah dengan Fitur Talk Thru dan Baterai Tahan Lama