in

Apple Akan Membuat Terobosan Baru di Bidang GenAI Tahun Ini, Kata Tim Cook

Apple, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, berencana untuk membuat terobosan baru di bidang GenAI (Generative Artificial Intelligence) tahun ini. Hal ini diungkapkan oleh CEO Apple, Tim Cook, dalam rapat tahunan pemegang saham perusahaan yang digelar hari ini .

GenAI adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk menghasilkan konten baru berdasarkan data yang ada, seperti teks, gambar, video, musik, dan lain-lain. GenAI dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengembangkan fitur-fitur baru, meningkatkan pengalaman pengguna, atau menciptakan karya seni.

Cook mengatakan bahwa Apple akan "membuat terobosan baru" di bidang GenAI tahun ini. "Kami percaya bahwa teknologi ini akan membuka peluang transformasional bagi pengguna kami," kata Cook . Cook tidak memberikan detail lebih lanjut tentang rencana Apple di bidang GenAI, tetapi menjanjikan bahwa informasi lebih banyak akan dibagikan nanti tahun ini.

Beberapa rumor telah menyebutkan bahwa Apple sedang mengembangkan fitur-fitur GenAI untuk produk-produknya, seperti Siri, Spotlight, Keynote, Apple Music, dan Xcode . Misalnya, Siri dan Spotlight akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lebih kompleks dan melakukan percakapan multi-tahap dengan pengguna. Keynote akan dapat secara otomatis membuat slide presentasi berdasarkan data yang dimasukkan pengguna. Apple Music akan dapat membuat playlist berdasarkan selera musik pengguna. Xcode akan dapat memberikan saran kode berdasarkan GenAI kepada pengembang aplikasi.

Selain itu, Apple juga dikabarkan sedang menginvestasikan $1 miliar per tahun untuk mengejar ketertinggalan di bidang GenAI, termasuk upaya seperti membuat model bahasa besar bernama Ajax dan chatbot internal bernama Apple GPT. Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan hardware baru untuk mendukung GenAI, seperti Neural Engine yang lebih canggih untuk iPhone 16.

Apple, yang dikenal sebagai perusahaan yang tertutup dan jarang berbagi informasi tentang proyek-proyeknya, tampaknya mulai lebih terbuka tentang ambisi GenAI-nya. Para insinyur Apple telah ikut menulis sejumlah makalah akademik dan teknis terkait GenAI dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya adalah sistem yang dapat menghasilkan avatar 3D animasi dari video pendek. Apple juga telah mempublikasikan sejumlah model dan alat GenAI bersumber terbuka, seperti Ferret, sebuah chatbot yang dibangun di atas model Vicuna, dan MGIE, sebuah model yang dapat memodifikasi gambar berdasarkan perintah bahasa alami.

Dengan pernyataan Cook yang menegaskan rencana Apple di bidang GenAI, para penggemar Apple dapat menantikan fitur-fitur baru dan menarik yang akan datang di produk-produk Apple tahun ini. Apakah Apple akan berhasil membuat terobosan baru di bidang GenAI dan mengalahkan pesaing-pesaingnya? Kita tunggu saja.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Ledakan Power Bank Bikin Pesawat AirAsia Berasap, Penumpang Panik

Realme 12 Pro Melampaui Realme 11 Pro Dalam Hal Kamera dan Performa