in

Xiaomi Redmi Note 13 4G: Smartphone Murah dengan Kamera 108MP dan Layar AMOLED 120Hz

Xiaomi kembali menghadirkan smartphone kelas menengah dengan harga terjangkau. Kali ini, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 13 4G, sebuah ponsel yang hanya mendukung jaringan 4G, namun tetap menawarkan spesifikasi yang menarik. Apa saja keunggulan dan kekurangan dari Redmi Note 13 4G? Simak ulasan berikut ini.

Desain dan Layar

Redmi Note 13 4G memiliki desain yang sederhana namun elegan, dengan bingkai plastik dan bagian belakang yang mengkilap. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Midnight Black, Ice Blue, dan Mint Green. Di bagian belakang, terdapat modul kamera yang berisi tiga lensa dan lampu kilat LED. Di bagian depan, terdapat layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan refresh rate 120Hz. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 dan memiliki kecerahan maksimal 1800 nits. Layar ini menampilkan warna yang tajam dan kontras, serta responsif terhadap sentuhan.

Kinerja dan Baterai

Redmi Note 13 4G ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 685, yang merupakan prosesor kelas menengah yang dibuat dengan teknologi 6 nm. Chipset ini memiliki delapan inti, empat di antaranya berkecepatan 2,8 GHz dan empat lainnya berkecepatan 1,9 GHz. Untuk grafis, chipset ini menggunakan GPU Adreno 610. Redmi Note 13 4G juga dilengkapi dengan RAM 6 GB atau 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Ponsel ini juga mendukung kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Dengan spesifikasi tersebut, Redmi Note 13 4G mampu menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, meskipun tidak secepat ponsel 5G lainnya. Ponsel ini juga memiliki sistem operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI 14, yang menawarkan fitur dan personalisasi yang beragam.

Untuk baterai, Redmi Note 13 4G memiliki kapasitas 5000 mAh, yang cukup besar untuk menunjang penggunaan sehari-hari. Ponsel ini juga mendukung pengisian cepat 33W, yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 50% dalam 29 menit, dan dari 0% hingga 100% dalam 70 menit.

Kamera

Salah satu fitur unggulan dari Redmi Note 13 4G adalah kamera utamanya yang beresolusi 108 MP. Kamera ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM2, yang memiliki ukuran 1/1,67 inci dan piksel 0,64 mikron. Kamera ini juga dilengkapi dengan autofokus fase dan aperture f/1,8. Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan detail dan warna yang baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup. Kamera ini juga dapat melakukan zoom digital hingga 10x dengan memotong bagian tengah sensor.

Selain kamera utama, Redmi Note 13 4G juga memiliki kamera ultra-wide 8 MP dengan sudut pandang 120 derajat dan aperture f/2,2. Kamera ini dapat mengambil foto dengan bidang pandang yang luas, namun kualitasnya tidak sebaik kamera utama. Kamera ini juga cenderung mengalami distorsi dan noise di pinggir foto. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP dengan aperture f/2,4. Kamera ini dapat mengambil foto objek yang sangat dekat, namun resolusinya sangat rendah dan tidak terlalu berguna.

Di bagian depan, Redmi Note 13 4G memiliki kamera selfie 16 MP dengan aperture f/2,4. Kamera ini dapat mengambil foto wajah dengan cukup baik, meskipun terkadang terlalu halus dan tidak alami. Kamera ini juga mendukung mode potret, yang dapat memberikan efek bokeh atau blur di latar belakang.

Untuk video, Redmi Note 13 4G dapat merekam video dengan resolusi maksimal 1080p pada 30 fps, baik di kamera belakang maupun depan. Kualitas video yang dihasilkan cukup baik, namun tidak ada fitur stabilisasi atau slow motion.

Kesimpulan

Redmi Note 13 4G adalah pilihan yang bagus bagi Anda yang mencari smartphone murah dengan kamera 108MP dan layar AMOLED 120Hz. Ponsel ini juga memiliki kinerja yang cukup baik, baterai yang tahan lama, dan desain yang simpel. Namun, ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti prosesor yang sudah ketinggalan zaman, kamera ultra-wide dan makro yang kurang memuaskan, dan tidak adanya dukungan 5G. Jika Anda tidak membutuhkan 5G, Redmi Note 13 4G bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, jika Anda menginginkan ponsel yang lebih canggih, Anda bisa melirik varian Pro atau 5G dari seri Redmi Note 13.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

MediaTek Luncurkan Helio G91 dengan Kamera 108MP dan Layar 90Hz

vivo V30 Pro: Smartphone dengan Layar AMOLED Melengkung 120Hz dan Empat Kamera 50MP