in

Infinix Tampilkan Teknologi E-Color Shift yang Bisa Ubah Warna Ponsel

Infinix, salah satu produsen ponsel asal China, baru-baru ini menunjukkan teknologi terbarunya yang disebut E-Color Shift. Teknologi ini memungkinkan panel belakang ponsel berubah dan mempertahankan warna-warna cerah tanpa mengonsumsi daya. Selain itu, Infinix juga menampilkan konsep perangkat AirCharge dan Extreme-Temp Battery di pameran teknologi CES 2024.

E-Color Shift adalah pengembangan lebih lanjut dari teknologi sebelumnya yang bernama Concept Phone 2021, yang menawarkan pengisian daya 160W dan memiliki film elektrokromik di bagian belakang. Film tersebut memungkinkan ponsel berubah warna dari abu-abu ke biru baja. Namun, kali ini Infinix menambahkan lebih banyak pilihan warna dan membagi panel belakang menjadi segmen-segmen individu yang bisa dikontrol secara terpisah.

Teknologi E-Color Shift ini menggunakan E Ink Prism 3, yang mirip dengan yang digunakan di pembaca ebook. Teknologi ini sangat hemat daya karena hanya membutuhkan daya untuk mengubah warna. Setelah warna ditetapkan, warna tersebut akan tetap sama tanpa menghabiskan daya sama sekali. Selain itu, teknologi ini juga bisa melakukan lebih dari sekadar warna tetap. Segmen-segmen bisa berganti warna dengan cukup cepat, lebih cepat dari yang biasa dilihat di pembaca ebook.

Hal ini memungkinkan berbagai macam animasi bisa dimuat dan Infinix mengatakan bahwa jika konsep ini digunakan di perangkat nyata, akan ada aplikasi yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan ponsel mereka dengan mengatur warna berbeda atau memutar animasi beragam. Namun, perlu dicatat bahwa dalam desain di atas hanya ada empat segmen dalam susunan 2×2 (pola berlian yang lebih gelap di tengah adalah tetap). Meski begitu, ini sudah cukup untuk membuat animasi yang menarik perhatian. Juga, E Ink tidak terbatas pada bentuk persegi, desainer Infinix bisa menggunakan bentuk yang lebih bebas seperti garis-garis di bawah ini:

Seiring berkembangnya teknologi, bisa ada 60 area yang bisa dikustomisasi atau lebih. Namun, ini tidak dimaksudkan untuk menjadi layar kedua di belakang, jadi jangan berpikir tentang resolusi, terutama jika desainnya menggunakan bentuk yang kompleks daripada kisi sederhana. Infinix ingin memberikan ponsel tampilan dinamis yang bisa berubah dari hari ke hari, bahkan jam ke jam. Animasi menawarkan lebih banyak pilihan untuk kustomisasi dan cukup cepat sehingga bisa digunakan untuk notifikasi (film elektrokromik terlalu lambat untuk itu).

Perusahaan ini masih memiliki beberapa tantangan yang harus diatasi sebelum teknologi ini bisa diberikan kepada konsumen. Infinix percaya bahwa perangkat konsumen pertama dengan Teknologi E-Color Shift Infinix bisa mencapai pasar dalam satu atau dua tahun ke depan.

CES 2024: Infinix announces E-Color Shift for color-changing smartphone skins
Infinix demos color-changing back panels for phones with E Ink technology
Infinix shows off its color-changing phone concept at MWC

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Laptop HP Envy x360 Terbaru Dilengkapi dengan Prosesor Intel dan AMD Generasi Terbaru

Cara Meningkatkan Kinerja dan Grafis Windows 11 dengan Mengubah Pengaturan Tersembunyi