in

Laptop Transparan Pertama di Dunia dari Lenovo: Project Crystal

Lenovo baru saja memperkenalkan konsep laptop transparan pertama di dunia yang disebut Project Crystal pada ajang Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol. Project Crystal adalah laptop ThinkBook yang memiliki layar 17,3 inci dengan teknologi micro-LED transparan . Layar ini dapat menampilkan gambar yang tajam dan berwarna dengan tingkat kecerahan hingga 3.000 nits, meskipun memiliki tingkat transparansi sekitar 55%. Selain itu, laptop ini juga memiliki keyboard dan trackpad yang terbuat dari kaca nano-optik, yang dapat merespons sentuhan pengguna.

Project Crystal bukanlah produk yang siap dijual, melainkan sebuah eksperimen dari divisi ThinkPad Lenovo untuk mengeksplorasi potensi dari layar micro-LED transparan dan integrasi AI. Lenovo berpikir bahwa laptop transparan ini dapat meningkatkan kolaborasi antara pengguna dengan orang lain, karena mereka dapat melihat apa yang ditampilkan di layar dari kedua sisi. Selain itu, laptop ini juga dapat digunakan untuk aplikasi AR, dengan menggunakan kamera yang tertanam di belakang layar untuk mengidentifikasi objek yang ada di belakangnya dan menampilkan informasi atau gambar tambahan di atasnya .

Project Crystal adalah contoh dari inovasi teknologi yang tampak seperti berasal dari film fiksi ilmiah. Lenovo berhasil membuat laptop transparan ini dengan menggunakan teknologi micro-LED, yang biasanya sangat mahal dan hanya digunakan untuk perangkat-perangkat canggih seperti Samsung The Wall atau Apple Vision Pro. Lenovo juga mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menambahkan lapisan kontras, sehingga layar dapat berubah menjadi layar biasa yang tidak transparan dengan menekan sebuah tombol.

Laptop transparan ini mungkin masih jauh dari kenyataan, tetapi menunjukkan bahwa Lenovo berani bereksperimen dengan ide-ide baru dan menarik. Siapa tahu, mungkin suatu hari nanti kita akan melihat laptop transparan ini di pasaran.

Lenovo’s Project Crystal is the world’s first laptop with a transparent microLED display
Lenovo’s Project Crystal transparent laptop may be the coolest computer you’ll hardly see this year
Lenovo Project Crystal is world’s first transparent Laptop with Micro-LED

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Galaxy Ring: Cincin Pintar Samsung yang Tahan Lama dan Multifungsi

Apakah Anda Perlu Mengaktifkan Mode Pesawat di Ponsel Anda Saat Terbang?