in

Update Windows Penting untuk Pengguna Google Chrome

Google baru-baru ini merilis update keamanan penting untuk semua versi desktop dan mobile dari browser web Chrome. Update ini memperbaiki 10 kerentanan keamanan di browser, termasuk satu yang memiliki tingkat keparahan tertinggi, yaitu kritis.

Salah satu kerentanan, yang dilacak sebagai CVE-2024-0519, dikatakan sedang dieksploitasi secara aktif oleh pelaku ancaman. "Google mengetahui adanya laporan bahwa eksploitasi untuk CVE-2024-0519 ada di alam liar," demikian bunyi pemberitahuan yang diterbitkan oleh raksasa teknologi tersebut.

Mengeksploitasi kelemahan tersebut, yang digambarkan sebagai masalah "akses memori di luar batas" di mesin JavaScript V8 Chrome, dapat memungkinkan penyerang yang termotivasi untuk mengabaikan mekanisme perlindungan dan meningkatkan peluang mereka untuk menggabungkan berbagai kelemahan untuk mengeksekusi kode pada perangkat target.

Kerentanan tersebut dilaporkan kepada Google oleh sumber anonim pada 11 Januari. Versi mobile dari browser web populer ini mendapatkan perbaikan yang sama di versi 120.0.6099.230 pada perangkat Android. Pelanggan Apple tidak terpengaruh oleh kelemahan baru ini, jadi mereka tidak perlu melakukan apa-apa kali ini.

Jika Anda menggunakan Chrome, sangat disarankan agar Anda segera menerapkan perbaikan ini untuk melindungi browser Anda dari potensi eksploitasi yang menargetkan kerentanan ini. Untuk melakukannya di desktop, pilih Menu > Bantuan > Tentang Google Chrome, atau muat chrome://settings/help langsung di bilah alamat browser Anda. Google Chrome akan menampilkan versi terbaru dari browser dan menjalankan pengecekan pembaruan. Pembaruan keamanan baru untuk browser harus terdeteksi dan mulai diunduh dan dipasang secara otomatis. Anda perlu me-restart browser untuk menyelesaikan instalasi pembaruan.

Browser berbasis Chromium lainnya juga terpengaruh oleh, setidaknya beberapa, kerentanan tersebut. Harapkan pembaruan untuk Microsoft Edge, Brave, Vivaldi, Opera, dan browser lainnya dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

Bitdefender sangat menyarankan agar pengguna internet selalu memperbarui semua perangkat lunak mereka dengan pembaruan keamanan terbaru yang dikeluarkan oleh vendor, terlepas dari perangkat atau OS yang digunakan. Untuk ketenangan pikiran, pertimbangkan menjalankan solusi keamanan khusus setiap saat untuk menghindari berbagai ancaman yang ada di lanskap digital saat ini.

Sumber:

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Galaxy A55: Bocoran Terbaru dari Halaman Resmi Samsung

iPhone 16 Pro Akan Dilengkapi dengan Upgrade Super Cepat yang Mengubah Permainan, Klaim Bocoran Baru