in

Apple Luncurkan iOS 18 dengan Peningkatan AI dan Fitur Personalisasi

Pada Worldwide Developers Conference hari ini, Apple merilis iOS 18, versi terbaru dari sistem operasi iPhone. Pembaruan ini dijadwalkan rilis pada musim gugur untuk berbagai model iPhone.

Peningkatan Kecerdasan Buatan (AI)

Fitur utama iOS 18 adalah Apple Intelligence, platform AI milik Apple. Platform ini akan tersedia untuk perangkat yang ditenagai oleh chip A17 dan seri M. Apple Intelligence menawarkan alat AI yang dipersonalisasi untuk tugas sehari-hari, seperti memprioritaskan notifikasi, menyediakan alat tulis untuk menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks, serta memberikan saran balasan pintar dan menyaring email penting di aplikasi Mail.

Apple menekankan bahwa AI-nya "didasarkan pada informasi dan konteks pribadi Anda" dan dapat mereferensikan apa yang Anda lihat di layar. Namun, Apple menyatakan bahwa AI ini memiliki "privasi yang kuat" karena pemrosesan dilakukan di perangkat, artinya AI mengetahui data pribadi Anda tetapi tidak mengumpulkan data tersebut.

Pembuatan Gambar AI dan Genmoji

iOS 18 memungkinkan pengguna membuat gambar yang sesuai dengan percakapan berdasarkan gambar profil teman mereka. Fitur Image Playground yang dibangun ke dalam banyak aplikasi asli dan tersedia sebagai alat mandiri memungkinkan pembuatan gambar dalam tiga gaya: sketsa, ilustrasi, dan animasi. Semua gambar dibuat di perangkat.

Selain itu, iOS 18 memperkenalkan "Genmoji", emoji AI generatif, yang memungkinkan pengguna membuat emoji berdasarkan gambar seseorang. AI juga memungkinkan pencarian gambar dan video menggunakan bahasa alami.

Peningkatan Siri

Siri mendapat perombakan besar di iOS 18, termasuk tampilan baru, pemahaman bahasa alami yang lebih baik, dan kemampuan untuk mengingat konteks percakapan. Siri sekarang dapat dioperasikan melalui ketikan dan dapat menjawab pertanyaan tentang fitur iOS.

Selain itu, Siri akan mendapatkan kemampuan untuk mengontrol aplikasi melalui kesadaran di layar pada tahun mendatang. iOS 18 juga mengintegrasikan ChatGPT, sehingga pengguna dapat mengakses chatbot melalui Siri dan fitur penulisan di seluruh sistem.

Penyesuaian dan Privasi

iOS 18 menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian dari sebelumnya. Pengguna dapat menyesuaikan layar utama dengan leluasa, mengubah warna ikon aplikasi agar sesuai dengan latar belakang, dan menyesuaikan Pusat Kontrol dengan beberapa halaman dan API untuk pengembang pihak ketiga.

Apple juga memperkenalkan fitur kunci aplikasi untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dan memungkinkan pengguna memilih kontak yang dapat diakses oleh aplikasi tertentu.

Aplikasi Passwords yang baru akan menyimpan kata sandi, kunci pas, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi di satu tempat. Aplikasi ini akan memperingatkan pengguna tentang kata sandi yang lemah, digunakan berulang kali, atau terdapat dalam kebocoran data yang diketahui.

Fitur Tambahan

iOS 18 juga membawa sejumlah fitur baru lainnya, seperti:

  • "Tapback" (emoji atau stiker) untuk pesan
  • Pesan terjadwal dan pemformatan teks
  • Dukungan RCS
  • Pesan satelit dua arah
  • Kategorisasi email di aplikasi Mail
  • Peta topografi dengan rute pendakian offline
  • Ketuk untuk menukarkan uang tunai di Apple Wallet
  • Mode Permainan untuk meningkatkan kinerja game
  • Desain ulang aplikasi Foto dengan koleksi yang dapat disesuaikan dan pengurutan wajah

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

macOS Sequoia Hadir dengan Fitur AI dan iPhone Mirroring

watchOS 11: Pembaruan Berfokus pada Kesehatan dan Fitur Baru