in

Apple Perbaiki Kesalahan Spesifikasi iPad Air Baru: Masih Bertenaga, Hanya dengan 9 Core GPU

Apple baru-baru ini mengakui adanya kesalahan dalam spesifikasi iPad Air 2024 yang baru. Awalnya diumumkan memiliki GPU 10-core, namun Apple telah mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut hanya memiliki 9-core.

Meskipun ada penurunan jumlah core GPU, Apple menegaskan bahwa klaim kinerja yang mereka buat untuk tablet 2024 ini tetap akurat. Pembaruan telah dilakukan pada siaran pers asli untuk mencerminkan jumlah core yang sebenarnya.

Apple menyatakan bahwa iPad Air 11 (2024) dan iPad Air 13 (2024) dengan chipset M2 mereka secara signifikan lebih cepat daripada pendahulunya yang berbasis M1 dari tahun 2022. Secara khusus, "M2 yang dirancang Apple memiliki CPU 15% lebih cepat, grafis 25% lebih cepat, dan bandwidth memori 50% lebih banyak dari generasi sebelumnya," menurut halaman di situs web Apple.

Klaim ini tetap berlaku, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kinerja grafis sebesar 25%. iPad Air (2022) menggunakan chipset Apple M1 asli dengan GPU 8-core. Saat M2 pertama kali diumumkan, diklaim bahwa M2 hingga 35% lebih cepat, mungkin membandingkan versi dengan 10 core GPU. Versi 10-core dapat ditemukan di MacBook, Mac Mini, Vision Pro, dan iPad Pro yang lebih lama dari tahun 2022.

Meskipun demikian, iPad Air baru masih dinilai menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan. Pernyataan dari juru bicara Apple kepada 9to5Mac menekankan:

"Dengan bandwidth memori yang lebih cepat, iPad Air baru hampir 50% lebih cepat dari iPad Air sebelumnya dengan M1 untuk berbagai tugas produktivitas dan kreatif. Dibandingkan dengan iPad Air dengan A14 Bionic, iPad Air baru memberikan kinerja hingga 3 kali lebih cepat."

Kesalahan dalam penghitungan jumlah core GPU jelas merupakan kesalahan, tetapi untungnya pembeli tidak terjebak dengan klaim kinerja yang salah. iPad Air 2024 tetap menjadi tablet yang kuat, memberikan peningkatan kinerja yang nyata dibandingkan pendahulunya, meskipun dengan sedikit penurunan core GPU.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Redmi K80 Pro: Flagship Killer dari China yang Siap Meluncur

Oppo Find X8 Ultra Diisukan Hadir dengan Kamera Periskop 200MP