in

Investasi Raksasa China Dongkrak Industri Semikonduktornya

Pemerintah China baru-baru ini mendirikan dana investasi baru guna menggenjot industri semikonduktornya, sebagaimana terungkap dalam dokumen resmi. Kementerian Keuangan China dan enam bank besar menjadi investor utama dalam dana ini, yang mengalokasikan 344 miliar CNY (lebih dari $47 miliar) untuk peralatan manufaktur chip, menurut laporan Reuters.

Dana ini merupakan tahap ketiga dari China Integrated Circuit Investment Fund, yang secara resmi didirikan pada Jumat, 24 Mei. Dana ini merupakan yang terbesar sejak 2014 dan dikenal secara lokal sebagai "Dana Besar". Berdasarkan Tianyancha, organisasi basis data informasi perusahaan Tionghoa, Kementerian Keuangan adalah investor utama dengan 17% saham dan bentuk modal sebesar 60 miliar CNY.

Pemegang saham terbesar kedua adalah China Development Bank Capital, dengan 10,5% saham. Lima bank lainnya, masing-masing menyumbang sekitar 6% dari total modal, adalah Bank Komersial China, Bank Konstruksi China, Bank Pertanian China, Bank China, dan Bank Komunikasi.

Dana Besar telah memberikan pembiayaan untuk SMIC dan Hua Hong Semiconductor, dua perusahaan pembuat chip terbesar di Tiongkok. Komitmen ratusan miliar yuan ini menandakan dorongan negara Asia tersebut untuk mencapai swasembada di bidang chip canggih, yang kembali menjadi sasaran Amerika Serikat melalui langkah-langkah pengendalian ekspor.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Xiaomi 14 Civi Meluncur di India pada 12 Juni dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 3

Samsung Galaxy M35 Diluncurkan di Brasil dengan Baterai Besar dan Fitur Unggulan