in

Samsung Bersiap untuk Produksi Massal Chipset Exynos 3nm dan 2nm

Samsung telah mengumumkan rencana untuk memproduksi secara massal chipset Exynos 3nm pertamanya, menggunakan desain Gate All Around (GAA). Chipset ini kemungkinan akan diberi nama Exynos 2500 atau Exynos W1000.

Selain itu, Samsung juga sedang mengembangkan chip 2nm bernama Exynos 2600 (Thetis). Produksi massal chip ini diperkirakan dimulai pada paruh kedua tahun 2025 untuk memenuhi kebutuhan Galaxy S26.

Keunggulan Samsung dalam teknologi chip ini dapat memberikan keunggulan dibandingkan pesaingnya, Qualcomm. Qualcomm dikatakan berencana menggunakan node 4nm untuk Snapdragon 8 Gen 4, sementara laporan lain mengindikasikan kemungkinan penggunaan node 3nm dari TSMC.

Namun, Apple telah mengamankan 90% kapasitas produksi 3nm TSMC tahun lalu. Hal ini dapat memengaruhi rencanan Qualcomm dan memaksanya menggunakan node 3nm GAA Plus Samsung pada tahun 2025.

TSMC juga sedang mengembangkan node 2nm, tetapi kapasitas produksinya kemungkinan akan diprioritaskan untuk iPhone 17 Pro dan Mac. Persaingan dalam teknologi chip 2nm antara Apple dan Samsung diperkirakan akan memanas pada tahun 2026.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Xiaomi Luncurkan Poco F6 Series: Peningkatan Performa dan Fitur

Penawaran Musim Panas Samsung: Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 Hadir dengan Potongan Harga