in

Google Perkenalkan Android TV OS Baru dengan Fitur Multitasking dan Perbaikan Performa

Google telah mengumumkan versi baru Android TV OS yang didasarkan pada Android 14. Seperti Wear OS 5, Android TV OS ini berfokus pada pengurangan konsumsi daya.

Fitur yang paling menarik bagi pengguna adalah dukungan untuk mode picture-in-picture (PiP). Fitur ini memungkinkan bentuk multitasking di mana satu aplikasi berjalan dalam layar penuh dan satu lagi dalam jendela kecil. Mode PiP akan tersedia pada "model Android TV 14 yang memenuhi syarat", tetapi belum jelas apakah semua TV dan perangkat streaming akan mendukung mode baru ini. Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan dua aplikasi media secara bersamaan.

Android 14 for TV menjanjikan peningkatan performa dan waktu startup yang lebih cepat (hingga 4 detik dalam beberapa kasus). Perangkat dengan memori rendah juga akan mengalami peningkatan performa.

Versi OS baru ini juga mengurangi konsumsi daya. Mode Low Energy akan mematikan konektivitas jaringan saat TV tidak digunakan, sedangkan mode Increased Energy akan menjaga jaringan tetap aktif dan mengaktifkan fungsi Google Home.

Adapun mode Optimized Energy, memungkinkan hanya fitur penting yang terhubung ke jaringan saat TV mati, termasuk Google Cast dan Google Assistant.

Versi OS baru ini juga menambahkan fitur aksesibilitas baru seperti koreksi warna untuk pengguna dengan gangguan penglihatan warna, opsi teks yang ditingkatkan untuk pengguna dengan masalah penglihatan lain, dan navigasi yang lebih mudah bagi pengguna dengan gangguan motorik.

Google mengungkapkan bahwa Android TV OS telah mencapai 220 juta perangkat aktif bulanan, meningkat 47% dibandingkan tahun lalu. Google juga mendorong pengembang untuk memindahkan aplikasi mereka dari toolkit UI Leanback lama ke sistem Compose for TV yang baru.

Android 14 for TV juga memperkenalkan beberapa perubahan lainnya, seperti menggunakan Gemini AI untuk menghasilkan deskripsi film dan acara TV di carousel Unggulan di layar beranda. Selain itu, Google beralih dari APK ke bundel aplikasi, yang membantu menghemat sekitar 20% penyimpanan.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

LG Tone Free T90S: Earbud Nirkabel dengan Driver Grafin dan Daya Tahan Baterai 36 Jam

Peluncuran Meizu 21 Note: Ponsel Cerdas dengan Fitur AI yang Mumpuni