in

Android 15 Beta 2 Meluncur, Menambahkan Fitur Privasi dan Peningkatan Lainnya

Google telah merilis Android 15 Beta 2, memperkenalkan sejumlah fitur baru dan peningkatan pada sistem operasinya.

Fitur Privasi Baru: Ruang Pribadi

Android 15 Beta 2 memperkenalkan Ruang Pribadi, fitur yang memungkinkan pengguna membuat ruang terpisah untuk menyimpan aplikasi sensitif dari pandangan orang lain. Ruang Pribadi menggunakan profil pengguna terpisah dan menjeda profil saat dikunci, sehingga aplikasi di dalamnya tidak lagi aktif.

Pengguna dapat menggunakan kunci perangkat atau faktor kunci terpisah untuk mengunci Ruang Pribadi. Aplikasi di dalamnya muncul dalam wadah terpisah di peluncur dan disembunyikan dari tampilan terbaru, notifikasi, pengaturan, dan aplikasi lain saat Ruang Pribadi terkunci.

File media, akun, dan data yang dibuat pengguna juga dipisahkan antara Ruang Pribadi dan ruang utama. Pengguna dapat menggunakan lembar bagikan sistem dan pemilih foto untuk memberikan akses aplikasi ke konten di seluruh ruang, tetapi hanya saat Ruang Pribadi tidak terkunci.

Peningkatan Lain

Selain Ruang Pribadi, Android 15 Beta 2 juga membawa beberapa peningkatan lainnya:

  • Aplikasi tidak lagi dapat berjalan dalam status aktif di latar depan selama lebih dari enam jam untuk mencegah pengurasan baterai yang tidak perlu.
  • Dekoder perangkat lunak yang lebih efisien untuk AV1 diperkenalkan, yang dapat digunakan saat dekode perangkat keras tidak didukung.
  • Aplikasi dapat menyoroti foto dan video yang baru dipilih saat menerima izin akses media parsial, meningkatkan pengalaman dengan aplikasi yang sering meminta akses ke media.
  • Perubahan untuk melindungi pengguna dari aplikasi latar belakang berbahaya yang dapat memicu aplikasi lain ke latar depan.
  • Peningkatan multitasking pada layar besar dengan opsi untuk menyematkan bilah tugas dan menyimpan kombinasi aplikasi layar terpisah favorit.
  • Pratinjau widget yang lebih baik sebelum ditambahkan.
  • Tampilan prediktif untuk tindakan aplikasi yang diterapkan dengan benar.
  • Getaran yang dapat disesuaikan untuk pemberitahuan berdasarkan saluran.
  • Dukungan untuk suhu kulit dan rencana pelatihan di Google Health Connect.

Android 15 Beta saat ini tersedia untuk perangkat Pixel dan sejumlah perangkat dari mitra Google, termasuk Honor, iQOO, Lenovo, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Tecno, Vivo, dan Xiaomi. Beta ketiga diperkirakan akan hadir pada bulan Juni, diikuti oleh rilis publik final pada bulan Juli.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Oppo Enco Air4 Pro: Earbud Nirkabel dengan Daya Tahan Baterai Luar Biasa

Peningkatan Proteksi Anti-Pencurian untuk Perangkat Android