in

Chip M4 Apple Hadir dengan Performa AI yang Luar Biasa di iPad Pro Baru

Pada acara yang berfokus pada iPad baru-baru ini, Apple memperkenalkan chip M4 terbarunya, yang menjadi otak dari iPad Pro baru, seperti yang diprediksi oleh rumor minggu lalu. M4 hadir dengan Neural Engine tercepat Apple, mampu melakukan hingga 38 triliun operasi per detik. Apple mengklaim bahwa ini "lebih cepat dari unit pemrosesan neural PC AI mana pun saat ini", apa pun artinya.

Intinya adalah bahwa M4 "membuat iPad Pro baru menjadi perangkat yang sangat kuat untuk kecerdasan buatan". Sejak tahun 2024, beredar rumor bahwa Apple akhirnya akan memasuki industri AI.

M4 memiliki hingga 10 inti CPU, dengan 4 untuk performa dan 6 untuk efisiensi. CPU ini diklaim 1,5x lebih cepat dari M2 di iPad Pro 2022, tetapi tidak ada perbandingan dengan M3. Chip ini dibangun pada proses 3nm generasi kedua dan dilengkapi dengan mesin tampilan baru yang mendukung OLED tandem dan ProMotion 10Hz-120Hz.

GPU memiliki 10 inti dan ray tracing yang dipercepat perangkat keras, serta shading mesh yang dipercepat perangkat keras. M4 dikatakan memberikan kinerja yang sama dengan M2 hanya dengan setengah daya, dan kinerja yang sama dengan "chip PC terbaru pada laptop tipis dan ringan" hanya dengan seperempat daya (laptop yang dimaksud adalah ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA dengan Core Ultra 7 155H dan RAM 32GB).

M4 mendukung akselerasi perangkat keras untuk codec AV1, selain H.264, HEVC, dan ProRes. Menurut rumor baru-baru ini, akan ada Mac yang ditenagai M4 juga, yang akan hadir akhir tahun ini.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus untuk Laptop Windows-on-ARM

Apple Merilis iPad Air Baru (2024) dengan Fitur yang Ditingkatkan