in

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus untuk Laptop Windows-on-ARM

Qualcomm telah meluncurkan chip 10-inti baru yang dijuluki Snapdragon X Plus, untuk memperkuat persaingan di pasar laptop Windows-on-ARM. Chip ini ditujukan untuk perangkat yang lebih terjangkau dibandingkan dengan varian Snapdragon X Elite yang dikabarkan akan digunakan oleh Samsung dan Lenovo.

Meskipun CPU Snapdragon X Plus sedikit lebih lemah daripada Elite, dengan 10-inti dibandingkan 12-inti, namun AI acceleration dan modem 5G-nya tetap sama. Menurut Qualcomm, kinerja Snapdragon X Plus masih jauh mengungguli chip Windows-on-ARM sebelumnya.

Direncanakan beberapa laptop Windows akan menggunakan Snapdragon X Plus, termasuk Samsung Galaxy Book4 Edge yang dirumorkan menjadi salah satu yang pertama. Namun, Samsung juga berencana meluncurkan versi yang lebih murah dengan chip Plus ini.

Penggunaan nama "Edge" pada Galaxy Book4 Edge menimbulkan pertanyaan tentang alasan Samsung menghidupkan kembali nama tersebut, yang sebelumnya dikaitkan dengan teknologi layar melengkung. Ini menimbulkan spekulasi bahwa Samsung mungkin hanya memilih nama secara acak untuk perangkat Windows-on-ARM terbarunya.

Menariknya, Microsoft juga dikabarkan sedang menguji Snapdragon X Plus untuk perangkat Surface. Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi langkah signifikan dalam persaingan dengan Apple MacBook Air. Baik Qualcomm maupun Microsoft belum memberikan konfirmasi resmi mengenai hal ini.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Realme GT Neo6 akan Diluncurkan di Tiongkok Akhir Pekan Ini

Chip M4 Apple Hadir dengan Performa AI yang Luar Biasa di iPad Pro Baru