in

Apple Putuskan Hubungan dengan Epic Games dan Sebut Perusahaan Itu ‘Tidak Dapat Dipercaya’

Apple telah memutuskan hubungan dengan Epic Games, pengembang game populer Fortnite, hanya sehari setelah iOS 17.4 diluncurkan, yang memungkinkan toko aplikasi pihak ketiga di Uni Eropa untuk menyesuaikan dengan Undang-Undang Pasar Digital (DMA). Langkah ini menimbulkan keraguan atas rencana Epic Games untuk meluncurkan toko aplikasinya sendiri di iOS di wilayah tersebut .

Epic Games mengatakan bahwa, akibat pemutusan hubungan ini, mereka "tidak dapat mengembangkan Epic Games Store untuk iOS" dan menyebut langkah ini sebagai "pelanggaran serius terhadap DMA". Dengan kata lain, perseteruan terbesar di dunia teknologi masih berlanjut.

Epic Games menerbitkan sebuah posting blog tentang masalah ini dan membagikan surat yang dikirim oleh pengacara Apple yang menyebut Epic Games "tidak dapat dipercaya secara terverifikasi", menyarankan alasan di balik pemutusan hubungan ini adalah karena ketakutan di pihak Apple bahwa Epic Games tidak akan mematuhi perjanjian kontrak yang melekat pada mendapatkan akun pengembang .

Perlu dicatat bahwa Apple memberikan akun pengembang kepada Epic Games pada awal tahun ini, jadi perusahaan itu tidak memiliki kekhawatiran kepatuhan saat itu. Jadi apa yang berubah?

CEO Epic Games, Tim Sweeney, telah sangat vokal mengenai perubahan App Store Apple di Uni Eropa, menyebutnya "contoh baru yang licik dari kepatuhan jahat". Sweeney mengatakan bahwa Apple secara teknis mematuhi DMA, tetapi sangat merugikan toko aplikasi pihak ketiga dengan berbagai cara, menyebutnya sebagai "skema antikompetitif yang penuh dengan biaya sampah baru pada unduhan dan pajak Apple baru pada pembayaran yang tidak mereka proses". Klaim ini tidak sepenuhnya tanpa dasar, meskipun Sweeney dan perusahaannya jauh dari pihak yang tidak berkepentingan.

Toko aplikasi pihak ketiga harus memenuhi persyaratan Notarisasi Apple, dengan semua aturan ketatnya mengenai moderasi, pembajakan, penipuan, dan sengketa pembayaran. Apple memiliki hak untuk menutup aplikasi apa pun jika menemukan sesuatu yang melanggar aturan ini. Selain itu, pengembang harus membayar Biaya Teknologi Inti setelah aplikasi diunduh lebih dari satu juta kali, yang berarti sekitar 54 sen per instalasi setiap tahun. Calon pengembang juga harus berbagi surat dari lembaga keuangan teratas dengan bukti bahwa mereka memiliki akses ke setidaknya $1,1 juta dalam kredit untuk menangani sengketa keuangan yang potensial. Ada juga komisi tetap untuk setiap transaksi, yang berkisar antara 15 hingga 30 persen.

Setelah Sweeney mengeluh secara terbuka tentang aturan toko aplikasi baru, Phil Schiller dari Apple mengirimkan email kepada Epic Games pada 23 Februari untuk meminta "jaminan tertulis" bahwa perusahaan itu akan menghormati komitmennya.

Perseteruan antara Apple dan Epic Games bermula pada Agustus 2020, ketika Epic Games mencoba menghindari komisi Apple dengan menawarkan pembayaran langsung kepada pemain Fortnite di iOS. Apple kemudian menghapus Fortnite dari App Store, yang memicu gugatan hukum dari Epic Games. Kasus ini masih berlangsung di pengadilan, dengan Epic Games menuduh Apple melakukan praktik monopoli dan Apple menuduh Epic Games melanggar perjanjian lisensi.

Sementara itu, para penggemar Fortnite di iOS harus menunggu sampai perseteruan ini selesai, atau beralih ke platform lain. Apple mengatakan bahwa mereka bersedia menyambut kembali Epic Games jika perusahaan itu bersedia mematuhi aturan App Store. Namun, tampaknya Epic Games tidak akan menyerah begitu saja dalam perjuangannya melawan Apple.

Apple bans Epic’s developer account and calls the company ‘verifiably untrustworthy’
Apple just terminated Epic’s iOS developer account — here’s what’s going on
Apple Explains Why It Terminated Epic’s Latest Developer Account
Apple’s plan to thwart Europe’s new Digital Markets Act law is a devious new instance of Malicious Compliance

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Apple Akan Mempermudah Pengguna iPhone untuk Beralih ke Android pada Musim Gugur 2025

Pixel 9 dan Pixel 9 Pro Akan Menggunakan Chip Tensor G4 dengan Teknologi FOWLP