in

Microsoft Luncurkan API Baru untuk Memudahkan Pengembang Game Mendukung Teknologi Upscaling

Microsoft baru-baru ini mengumumkan teknologi baru yang disebut DirectSR, sebuah API Windows yang dirancang untuk menawarkan cara yang mulus bagi pengembang game untuk mengintegrasikan fitur upscaling berbasis AI dari Nvidia, AMD, dan Intel. Teknologi upscaling adalah teknologi yang memungkinkan game berjalan dengan frame rate yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang lebih baik dengan menggunakan resolusi yang lebih rendah .

Saat ini, ada tiga teknologi upscaling yang berbeda yang ditawarkan oleh tiga produsen GPU, yaitu Nvidia DLSS, AMD FSR, dan Intel XeSS. Namun, tidak semua game mendukung ketiga teknologi tersebut, dan pengembang game harus memilih dan mengimplementasikan masing-masing teknologi dengan cara yang berbeda. Hal ini menyebabkan situasi yang tidak menguntungkan, di mana game baru tidak mendukung salah satu teknologi upscaling, seperti halnya Starfield (sebuah game yang disponsori oleh AMD) yang tidak mendukung Nvidia DLSS saat diluncurkan. Selain itu, dukungan untuk Intel XeSS juga jarang ditemukan, mengingat pangsa pasar Intel yang kecil di bidang kartu grafis.

API DirectSR akan mengatasi masalah ini, menurut Microsoft, dengan memberikan "super resolusi multi-vendor" di game melalui satu set input dan output yang umum. Hal ini akan memungkinkan satu jalur kode untuk mengaktifkan Nvidia DLSS, AMD FSR, dan Intel XeSS selama pengembang game mengimplementasikan DirectSR, yang secara teoritis menghapus pilihan yang harus dibuat pengembang game saat membuat game sekaligus menyederhanakan proses integrasi upscaling .

Ini adalah perkembangan yang menarik, karena tidak semua teknologi upscaling diciptakan sama. Solusi Nvidia hanya berfungsi pada GPU Nvidia, tetapi teknologi upscaling dari AMD dan Intel juga berfungsi pada GPU pesaing mereka. Akan menarik untuk melihat bagaimana pendekatan universal ini memengaruhi kinerja.

Microsoft akan secara resmi mengungkap DirectSR pada konferensi Game Developers Conference yang akan datang, yang dimulai pada 18 Maret. Ini terdengar seperti salah satu kasus langka di mana solusi ilahi muncul begitu saja, yang seharusnya membuat semua orang senang. Namun, orang cenderung berada di kubu mereka masing-masing mengenai pilihan GPU dan teknologi upscaling, jadi kami akan penasaran untuk melihat apakah solusi ini berhasil. AMD, Nvidia, dan Intel sepakat, karena Microsoft mengatakan bahwa teknologi ini dikembangkan bersama dengan ketiga produsen GPU tersebut, jadi ini terdengar menjanjikan .

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Samsung Akan Meluncurkan Dua Model Galaxy Z Fold 6 Termasuk Versi Ultra

Qualcomm Siapkan Snapdragon 8 Gen 4 dengan CPU Oryon untuk Oktober