in

Xiaomi Redmi Note 13 5G: Smartphone Kelas Menengah dengan Layar AMOLED 120 Hz dan Kamera 108 MP

Xiaomi meluncurkan Redmi Note 13 5G sebagai salah satu dari lima model baru dalam seri Redmi Note 13 tahun ini. Kami menguji smartphone kelas menengah ini, yang memiliki layar AMOLED 120 Hz, kamera utama 108 MP, dan chipset MediaTek Dimensity 6080 5G dengan harga kurang dari $300. Anda dapat mengetahui kesan kami secara keseluruhan dalam ulasan rinci ini.

Desain dan Layar

Redmi Note 13 5G memiliki desain yang mirip dengan model lain dalam seri Redmi Note 13, yaitu bodi yang datar dengan pilihan warna yang beragam dan perlindungan IP54 terhadap debu dan percikan air. Smartphone ini menggunakan kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan, plastik di bagian belakang, dan bingkai plastik di sisi-sisinya. Dimensinya adalah 161.1 x 75.0 x 7.6 mm dan bobotnya adalah 174 gram, yang cukup ringan untuk ukuran layarnya.

Layar Redmi Note 13 5G adalah salah satu fitur unggulannya, yaitu panel AMOLED 6.67 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel (395 ppi) dan refresh rate 120 Hz. Layar ini juga mendukung 10-bit color depth di beberapa pasar, seperti Spanyol. Menurut spesifikasi resmi, layar ini memiliki kecerahan puncak hingga 1.000 nits. Kami mengukur kecerahan maksimum sebesar 488 nits saat mengontrol slider kecerahan secara manual, dan 991 nits saat menggunakan mode Auto Brightness atau dengan Sunlight Boost diaktifkan. Layar ini juga memiliki kontras yang tinggi, sudut pandang yang luas, dan warna yang hidup.

Kinerja dan Baterai

Redmi Note 13 5G ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 6080 5G, yang dibuat dengan proses 6 nm dan memiliki CPU octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2. Chipset ini mendukung konektivitas 5G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.3, NFC, dan Infrared port. Smartphone ini tersedia dalam dua versi yang umum, yaitu 6 GB RAM + 128 GB penyimpanan dan 8 GB RAM + 256 GB penyimpanan, keduanya menawarkan ekspansi microSD.

Kinerja Redmi Note 13 5G cukup baik untuk kelasnya, meskipun tidak secepat model teratas. Smartphone ini dapat menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, meskipun ada beberapa penurunan frame rate pada game yang lebih berat. Smartphone ini juga tidak terlalu panas saat digunakan. Dalam tes benchmark sintetis, Redmi Note 13 5G mendapatkan skor yang sebanding dengan pesaingnya, seperti Samsung Galaxy A25 dan Realme 11 Pro.

Baterai Redmi Note 13 5G adalah 5.000 mAh, yang sama dengan model lain dalam seri Redmi Note 13. Sayangnya, daya tahannya tidak terlalu mengesankan. Smartphone ini hanya mendapatkan 9 jam dan 49 menit Active Use Time, yang merupakan perkiraan berapa lama baterai akan bertahan jika Anda menggunakan perangkat dengan campuran keempat aktivitas tes kami. Anda dapat menyesuaikan perhitungan berdasarkan pola penggunaan Anda menggunakan slider di bawah. Anda dapat membaca tentang prosedur pengujian daya tahan baterai kami saat ini di sini. Untuk daftar lengkap semua perangkat yang telah kami uji sejauh ini, kunjungi halaman ini. Smartphone ini juga mendukung pengisian cepat 33 W, yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 60% dalam 30 menit, dan dari 0% hingga 100% dalam 65 menit.

Kamera dan Perangkat Lunak

Redmi Note 13 5G memiliki tiga kamera di bagian belakang, yaitu kamera utama 108 MP, f/1.7, 1/1.67", 0.64µm, PDAF; kamera ultra wide 8 MP, f/2.2; dan sensor kedalaman 2 MP, f/2.4. Tidak ada kamera makro di sini, berbeda dengan versi 4G. Dan sementara kami membandingkan dengan versi 4G, tidak ada juga speaker stereo atau pemindai sidik jari di bawah layar. Inilah sebabnya kami menganggap Note 13 5G sebagai model paling dasar, meskipun tidak termurah. Kamera depan Redmi Note 13 5G adalah 16 MP, f/2.4, (wide).

Kualitas kamera Redmi Note 13 5G cukup baik, tetapi tidak luar biasa. Kamera utama dapat menghasilkan foto yang detail, tajam, dan berwarna cerah, tetapi terkadang terlalu terang atau terlalu gelap. Kamera ultra wide juga dapat mengambil foto yang layak, tetapi dengan distorsi sudut dan noise yang lebih tinggi. Sensor kedalaman membantu dalam mode potret, yang dapat memisahkan subjek dari latar belakang dengan cukup baik. Kamera depan juga dapat mengambil selfie yang bagus, tetapi dengan efek kecantikan yang agak berlebihan. Kamera belakang dan depan dapat merekam video 1080p@30fps, yang cukup stabil dan jernih, tetapi tidak mendukung resolusi atau frame rate yang lebih tinggi.

Perangkat lunak Redmi Note 13 5G adalah Android 13 dengan MIUI 14, yang merupakan antarmuka kustom Xiaomi yang populer. MIUI 14 menawarkan banyak fitur dan personalisasi, tetapi juga banyak iklan dan bloatware. Anda dapat menonaktifkan sebagian besar iklan dan menghapus beberapa aplikasi yang tidak diinginkan, tetapi Anda mungkin masih merasa terganggu oleh notifikasi dan permintaan izin yang sering muncul. MIUI 14 juga memiliki beberapa bug dan masalah kinerja, seperti lag, crash, dan drain baterai. Kami berharap Xiaomi dapat memperbaiki masalah ini dengan pembaruan perangkat lunak di masa depan.

Kesimpulan

Redmi Note 13 5G adalah smartphone kelas menengah yang menawarkan fitur-fitur menarik, seperti layar AMOLED 120 Hz, kamera 108 MP, dan chipset 5G, dengan harga yang terjangkau. Smartphone ini juga memiliki desain yang menarik, kinerja yang solid, dan pengisian cepat yang cepat. Namun, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti daya tahan baterai yang kurang mengesankan, kualitas suara yang biasa-biasa saja, dan perangkat lunak yang bermasalah. Jika Anda mencari smartphone yang seimbang dan tidak terlalu mahal, Redmi Note 13 5G bisa menjadi pilihan yang baik. Tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih menarik atau lebih andal, Anda mungkin ingin melihat model lain dalam seri Redmi Note 13 atau pesaingnya.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Realme RMX3993, Ponsel Baru dengan Desain Bulat dan Kamera 50 MP

Samsung Luncurkan Kartu microSD dengan Kecepatan Baca 800 MB/s