in

Samsung Luncurkan Kartu microSD dengan Kecepatan Baca 800 MB/s

Samsung Electronics, perusahaan terdepan di bidang teknologi memori, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengirimkan sampel kartu microSD 256-gigabyte (GB) 1 SD Express 2 dengan kecepatan baca sekuensial hingga 800 megabyte per detik (MB/s) dan telah memulai produksi massal kartu microSD 1-terabyte (TB) 3 UHS-1. Dengan meluncurkan lini kartu microSD generasi berikutnya, Samsung bertujuan untuk menyediakan solusi memori yang berbeda yang dibutuhkan untuk komputasi mobile dan aplikasi AI di perangkat masa depan.

Kartu microSD SD Express pertama di industri ini menawarkan kinerja setara SSD dalam bentuk faktor kecil. Berkat desain hemat daya serta teknologi firmware yang dioptimalkan untuk kinerja dan manajemen termal, kartu microSD SD Express Samsung menawarkan kinerja yang setara dengan SSD dalam bentuk faktor kecil. Sementara kecepatan baca untuk kartu microSD tradisional berdasarkan antarmuka UHS-1 dibatasi hingga 104MB/s, SD Express mampu meningkatkannya hingga 985MB/s, meskipun ketersediaan komersial yang terakhir belum layak di kartu microSD hingga saat ini. Kecepatan baca sekuensial kartu microSD SD Express Samsung mencapai hingga 800MB/s — 1,4 kali lebih cepat daripada SSD SATA (hingga 560 MB/s) dan lebih dari empat kali lebih cepat dibandingkan dengan kartu memori UHS-1 tradisional (hingga 200 MB/s), memungkinkan pengalaman komputasi yang lebih baik dalam berbagai aplikasi, termasuk PC dan perangkat seluler.

Untuk memastikan kinerja dan keandalan yang stabil untuk bentuk faktor kecil, teknologi Dynamic Thermal Guard (DTG) menjaga suhu optimal untuk kartu microSD SD Express, bahkan selama sesi penggunaan yang lama.

Kartu microSD 1TB UHS-1 Samsung menumpuk delapan lapisan V-NAND generasi ke-8 1-terabit (Tb) perusahaan dalam bentuk faktor microSD, merealisasikan paket kapasitas tinggi yang dulunya hanya mungkin di SSD. Kartu ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar untuk perangkat seluler dan AI, yang membutuhkan data dan model yang banyak.

Samsung mengatakan bahwa kartu microSD SD Express 256GB akan tersedia untuk dibeli nanti tahun ini, sementara kartu microSD UHS-1 1TB akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2024. Samsung juga menyebutkan AI sebagai salah satu alasan peluncuran kartu microSD baru ini, meskipun tidak ada hal spesifik yang membuat kartu ini sangat cocok untuk tugas AI generatif selain "lebih cepat". Menambahkan penyimpanan ekstra ke ponsel atau PC bisa berguna untuk AI generatif di perangkat — menyimpan model bahasa yang lebih besar secara lokal, misalnya — tetapi sebagian besar perusahaan perangkat lunak yang menawarkan fitur AI generatif di OS atau browser mereka sebagian besar menggunakan pemrosesan server-side untuk melakukan semua pekerjaan berat untuk saat ini.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Xiaomi Redmi Note 13 5G: Smartphone Kelas Menengah dengan Layar AMOLED 120 Hz dan Kamera 108 MP

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 4G: Smartphone Mid-range dengan Kamera 200 MP dan Pengisian Cepat 67W