in

Windows 11 Siap Mendukung Wi-Fi 7, Teknologi Nirkabel Generasi Baru

Windows 11, sistem operasi terbaru dari Microsoft, akan segera mendukung Wi-Fi 7, teknologi nirkabel generasi baru yang menawarkan kecepatan, keandalan, dan efisiensi yang luar biasa. Microsoft telah mengumumkan bahwa dukungan untuk perangkat keras Wi-Fi 7 akan hadir di Windows 11 versi 24H2, yang diharapkan akan diluncurkan akhir tahun ini sebagai pembaruan OS besar berikutnya.

Wi-Fi 7, yang juga dikenal sebagai IEEE 802.11be Extremely High Throughput (EHT), adalah teknologi revolusioner yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk menggunakan beberapa pita frekuensi (2,4 GHz, 5GHz, dan/atau 6GHz) secara bersamaan untuk menghindari kemacetan jaringan dan menjaga koneksi. Standar nirkabel baru ini juga menggandakan lebar pita di pita 6GHz, sehingga meningkatkan kecepatan, yang dapat berguna untuk headset VR.

"Dengan Wi-Fi 7, Anda dapat menikmati kecepatan multi-gigabit di PC Windows Anda dan mengalami kecepatan hingga 4x lebih cepat daripada Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E, dan hampir 6x lebih cepat daripada Wi-Fi 5," kata Microsoft. Aplikasi yang sensitif terhadap latensi, seperti game atau video konferensi, juga akan mendapat manfaat.

Namun, pengguna akan membutuhkan perangkat keras yang diperlukan, termasuk router dan modem yang dapat memberikan kecepatan Wi-Fi 7. Artinya, konsumen akan perlu membayar untuk membeli PC baru. Selain itu, mereka juga akan membutuhkan koneksi internet gigabit.

Wi-Fi 7 telah dirancang untuk secara teoritis menawarkan kecepatan hingga 40Gbps. Namun, sejauh ini, kami telah menemukan router Wi-Fi 7 yang memberikan kecepatan lebih dekat dengan 2Gbps dalam tes dunia nyata kami.

Microsoft telah mulai menguji dukungan Wi-Fi 7 untuk Windows 11 di versi pratinjau terbaru "Canary and Dev" untuk Windows 11, yang terbuka untuk pengguna Insider. Perubahan ini menjanjikan untuk membawa dukungan Wi-Fi 7 langsung ke OS Windows, tanpa perlu mengandalkan perangkat lunak pihak ketiga.

Perusahaan berencana untuk merilis secara luas dukungan Wi-Fi 7 dengan Windows 11 versi 24H2, yang akan tiba akhir tahun ini.

Microsoft Preps Wi-Fi 7 Support for Windows 11 | PCMag
Microsoft adds Wi-Fi 7 to Windows 11 • The Register
[CES 2024: Wi-Fi 7 Is Now Official, Promising More Speed, Lower Latency]

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Gemma: Model Bahasa Besar yang Terbuka dan Ringan dari Google

Lenovo Luncurkan Laptop Baru: Yoga Slim 7i (2024) dan Yoga 9i 2-in-1 (2024)