in

MediaTek dan Google Kolaborasi untuk Optimalisasi Gemini Nano pada Chipset Dimensity 9300 dan 8300

MediaTek, salah satu produsen chipset terkemuka di dunia, baru-baru ini mengumumkan bahwa chipset-nya yang terbaru, yaitu Dimensity 9300 dan 8300, kini telah dioptimalkan untuk mendukung Gemini Nano, model bahasa besar (LLM) dari Google yang dirancang untuk membawa kecerdasan buatan generatif (Generative AI) ke smartphone. Kolaborasi ini merupakan bagian dari investasi berkelanjutan MediaTek dalam menciptakan ekosistem yang diperlukan untuk menjamin masa depan yang kuat untuk AI .

Gemini Nano adalah LLM terkecil dari Google, yang diumumkan tahun lalu, dan dirancang khusus untuk smartphone. Dengan Gemini Nano, pengembang dan produsen smartphone dapat memanfaatkan fitur-fitur AI generatif yang berjalan di perangkat, tanpa perlu mengandalkan komputasi awan. Beberapa keuntungan dari AI generatif di perangkat antara lain adalah kinerja yang lancar, privasi yang lebih besar, keamanan dan keandalan yang lebih baik, latensi yang lebih rendah, kemampuan untuk bekerja di daerah dengan koneksi yang sedikit atau tidak ada, dan biaya operasi yang lebih rendah.

Untuk menjalankan Gemini Nano di perangkat, MediaTek dan Google telah bekerja sama menggunakan toolkit NeuroPilot dari MediaTek dan memindahkan Gemini Nano ke APU MediaTek untuk meningkatkan kinerja. APU (AI Processing Unit) adalah unit pemrosesan khusus yang terintegrasi dalam chipset Dimensity 9300 dan 8300, yang memberikan kemampuan AI yang lebih kuat dan hemat energi. NeuroPilot adalah platform AI dari MediaTek yang mendukung berbagai kerangka kerja AI populer dan menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk pengembang dan OEM.

MediaTek dan Google berencana untuk mengungkapkan APK yang berjalan di Dimensity 9300 dan 8300 untuk membantu pengembang dan OEM dalam menerapkan aplikasi Gemini Nano. APK ini akan memungkinkan pengembang dan OEM untuk membuat fitur-fitur AI generatif yang inovatif dan menarik, seperti penulisan teks otomatis, pembuatan gambar, sintesis suara, dan lain-lain.

Chipset Dimensity 9300 dan 8300 adalah chipset unggulan dan premium dari MediaTek yang diluncurkan akhir tahun lalu. Chipset ini menawarkan kinerja yang luar biasa, konektivitas 5G yang cepat, dan pengalaman multimedia yang imersif. Beberapa perangkat yang menggunakan chipset Dimensity 9300 dan 8300 antara lain adalah:

  • Vivo X100 series
  • Oppo Find X7 series
  • Tecno Phantom V2 Fold
  • iQOO Neo 9 Pro
  • Oppo Reno 12
  • Xiaomi Redmi K70E
  • Poco X6 Pro 5G

Dengan optimalisasi Gemini Nano pada chipset Dimensity 9300 dan 8300, MediaTek dan Google menunjukkan komitmen mereka untuk memajukan teknologi AI di perangkat dan memberikan pengalaman yang lebih cerdas dan kreatif bagi pengguna smartphone di seluruh dunia.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

X Buka Akses Panggilan Audio dan Video untuk Pengguna Biasa

Google menjelaskan apa yang salah dengan fitur pembuatan gambar Gemini