in

Pembaruan OS Apple: Perubahan untuk iPad, Apple Watch, dan Mac

Apple baru-baru ini mengumumkan pembaruan utama untuk berbagai sistem operasinya, termasuk untuk iPhone, tablet, jam tangan, dan komputer. Namun, beberapa perangkat lama tidak lagi didukung.

iPad

iPadOS 18 akan tersedia untuk sebagian besar iPad yang masih didukung. Akan tetapi, ada beberapa pengecualian. iPad vanilla dari 2018 (atau generasi ke-6) tidak lagi didukung, dan hanya model dari 2019 (generasi ke-7) dan yang lebih baru yang akan menerima pembaruan. iPad Pro 12,9 inci dari 2017 (generasi ke-2) juga tidak lagi didukung, sehingga iPad Pro terbesar yang masih menerima dukungan adalah dari 2018 (generasi ke-3).

iPad Pro 10,5 inci dari 2017 juga tidak lagi didukung, yang tercantum sebagai "generasi ke-1" (tidak termasuk iPad Pro 9,7 inci asli dari 2016). Model Pro 11 inci dari 2018 juga terdaftar sebagai "generasi ke-1", yang mungkin sedikit membingungkan. Namun, model ini sekarang menjadi Pro terkecil terlama yang masih menerima dukungan iPadOS.

Apple Watch

watchOS 11 akan tersedia untuk Apple Watch Seri 6 dan yang lebih baru (termasuk Apple Watch SE (2022), atau generasi ke-2). Ini berarti Apple Watch Seri 4 dan 5, serta Watch SE asli, tidak lagi didukung dan pembaruan terbaru untuk model tersebut tetap watchOS 10.5.

Mac

Sebagian besar model Mac yang ditenagai Intel akan menerima pembaruan ke macOS Sequoia. Satu-satunya pengecualian adalah MacBook Air dari tahun 2018 dan 2019 (yang menggunakan prosesor Intel generasi ke-8), sementara MacBook Air dari tahun 2020 (yang terakhir menggunakan Intel dengan CPU generasi ke-10) masih didukung.

Semua Mac berbasis Apple Silicon tentu saja mendapatkan Sequoia. Selain itu, iPad Pro baru dengan chip M4 dan iPad Air baru dengan M2 juga akan mendapatkan pembaruan.

Namun, perlu diketahui bahwa Apple Intelligence hanya akan tersedia untuk iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max (model lama dan vanilla tidak mendapatkan), serta iPad dan Mac dengan chip M1 (atau lebih baru). Ini berarti beberapa iPad dan Mac akan mendapatkan iPadOS 18 dan macOS Sequoia tanpa Intelligence.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Kamera OnePlus 13: Detail Sensor Baru Terungkap

CMF Phone 1: Ponsel Unik dengan Dial Putar dan Mekanisme Pengunci