in

Intel Lunar Lake: Prosesor Laptop Canggih untuk tahun 2024

Intel telah mengungkap detail mengenai prosesor Lunar Lake yang akan digunakan pada laptop akhir tahun 2024. Lunar Lake adalah perombakan besar setelah Intel Core Ultra (Meteor Lake), yang diklaim perusahaan sebagai pergeseran arsitektur terbesar dalam 40 tahun.

Lunar Lake mengusung desain sistem-pada-chip baru yang menjanjikan peningkatan kinerja CPU 14% pada kecepatan clock yang sama, peningkatan kinerja grafis 50%, dan masa pakai baterai hingga 60% lebih baik dari Meteor Lake.

Lunar Lake dibangun bukan pada proses Intel (karena Intel sedang mengerjakan node 1,8 nm EUV 18A), melainkan pada node 3 nm TSMC – N3 untuk komputasi, dan N6 untuk platform.

Perubahan besar pertama dari chip seluler Intel sebelumnya adalah RAM. RAM kini terintegrasi ke dalam paket – Anda dapat memilih RAM LPDDR5X 16 GB atau 32 GB dan tidak dapat ditingkatkan di kemudian hari.

Perubahan besar lainnya adalah inti Efisiensi dan penghapusan hyperthreading. Meteor Lake telah menghadirkan inti efisiensi daya rendah (LP-E) bersama inti efisiensi (E) dan kinerja (P) untuk masa pakai baterai yang lebih baik. Namun hal ini tampaknya tidak berhasil, sehingga Lunar Lake tidak menggunakan konfigurasi tersebut dan memilih perpecahan antara empat inti P "Lion Cove" baru dan empat inti E "Skymont" baru.

Pengecualian hyperthreading dilaporkan tidak mengurangi kinerja – Intel mengklaim peningkatan kinerja hingga 1,5 kali pada penarikan daya yang sebanding dengan Meteor Lake. Menurut Intel, inti P "Lion Cove" memberikan peningkatan kinerja per watt sebesar 50%, dan sekitar 20% hingga 80% dari inti E "Skymont". Faktanya, inti E "Skymont" baru menawarkan peningkatan instruksi per clock sekitar 2% dibandingkan desain inti P Raptor Lake – Anda membacanya dengan benar – inti efisiensi Lunar Lake Intel lebih cepat per clock daripada inti kinerja Raptor Lake.

Peningkatan ini dilaporkan berasal dari cache tambahan, node proses baru, dan desain arsitektur baru.

Dari segi grafis, Lunar Lake mengusung grafis Xe2 dengan hingga 60 TOPS (operasi tera per detik), yang pada dasarnya akan membuat GPU kelas pemula menjadi mubazir. Intel mengklaim peningkatan 1,5x dibandingkan GPU Xe di Meteor Lake.

Terakhir, mari kita bahas AI. Lunar Lake melipatgandakan chip NPU, menggandakan bandwidth memori, dan meningkatkan clock dari 1,4 GHz menjadi 1,95 GHz. Hal ini menghasilkan peningkatan dari 11,5 TOPS Meteor Lake menjadi 48 TOPS di Lunar Lake.

Intel mengatakan penarikan daya ekstra diatasi dengan keunggulan kecepatan – hanya 5,8 detik untuk 20 iterasi Stable Diffusion vs 20,9 detik pada chip sebelumnya.

Intel menargetkan rilis akhir tahun 2024 untuk Lunar Lake. Prosesor ini mendukung PCI-Express 5, Thunderbolt 4, dan USB4. HDMI 2.1, DisplayPort 2.1, Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, dan Gigabit Ethernet.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Oppo Umumkan Peluncuran Seri Find X Global dan Reno12 Bulan Ini

vivo X100 Ultra: Ponsel dengan Kamera Terbaik di Dunia