in

Google Pixel 8a: Alternatif Terjangkau untuk Flagship Pixel 8

Google baru-baru ini merilis Pixel 8a, penambahan terbaru untuk jajaran smartphone Pixel. Meskipun namanya yang mirip, 8a menawarkan beberapa perbedaan utama dari saudara kandungnya yang lebih mahal, Pixel 8.

Bentuk dan Desain

Secara fisik, Pixel 8a terlihat sedikit lebih besar dari Pixel 8 karena bezel hitamnya yang lebih besar di sekeliling layar. Meski demikian, 8a masih menjadi smartphone yang ringkas dibandingkan dengan smartphone lain di pasaran. Kedua ponsel ini menggunakan bingkai aluminium dengan hasil akhir yang sama.

Layar

Pixel 8a memiliki layar yang sedikit lebih kecil (6,1 inci) daripada Pixel 8 (6,2 inci). Keduanya memiliki resolusi 1080p, kecepatan refresh 120Hz, dan dukungan HDR10 dan HDR10+. Namun, 8a memiliki bezel yang lebih tebal, sehingga 8 terlihat lebih modern.

Kamera

Salah satu perbedaan utama antara kedua ponsel ini adalah kemampuan kameranya. 8a tidak memiliki fokus otomatis pada kamera ultrawide-nya, artinya tidak ada mode makro. Selain itu, 8a memiliki sensor kamera utama yang lebih kecil (1/1,73 inci) dengan resolusi lebih tinggi (64MP). Kamera selfie 8a juga menawarkan resolusi lebih tinggi pada 13MP dibandingkan dengan 10,5MP pada 8.

Performa

Kedua ponsel ini ditenagai oleh chip Tensor G3 Google dengan 8GB RAM dan penyimpanan UFS 3.1 hingga 256GB. Performa secara keseluruhan berada pada level menengah, dengan GPU yang cukup baik tetapi tidak setara dengan prosesor Snapdragon terbaru.

Baterai

Pixel 8a memiliki baterai yang sedikit lebih kecil (4.492mAh) daripada Pixel 8 (4.575mAh). Namun, dengan layar yang lebih kecil, daya tahan baterai keduanya sangat mirip.

Pengisian Daya

Pixel 8a hanya mendukung pengisian daya 18W, jauh lebih lambat dari Pixel 8 yang menawarkan pengisian daya 27W. Ini bisa menjadi pemecah kesepakatan bagi beberapa pengguna.

Fitur Tambahan

Pixel 8a memiliki peringkat ketahanan air dan debu IP67, sedikit lebih rendah dari peringkat IP68 pada Pixel 8. 8a juga tidak mendukung pengisian daya nirkabel balik, yang dimiliki oleh 8.

Kesimpulan

Pixel 8a merupakan alternatif yang lebih terjangkau untuk Pixel 8 yang memberikan pengalaman Pixel yang serupa. Meskipun kehilangan beberapa fitur dan memiliki kamera yang sedikit lebih rendah, 8a masih menawarkan kinerja dan daya tahan baterai yang memadai bagi sebagian besar pengguna. Pilihan terbaik antara kedua ponsel ini bergantung pada prioritas dan anggaran individu. Bagi mereka yang menginginkan pengalaman Pixel terbaik, Pixel 8 adalah pilihan yang lebih baik. Namun, bagi mereka yang menginginkan alternatif yang lebih terjangkau dengan mengorbankan beberapa fitur, Pixel 8a adalah pilihan yang sangat baik.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Apple Vision Pro Akan Meluncur Internasional pada Juli

OnePlus Nord 4: Peluncuran Dikonfirmasi pada Juli