in

Sony Xperia 1 VI: Peningkatan Signifikan dari Xperia 1 V

Sony baru saja meluncurkan Sony Xperia 1 VI, smartphone terbaru yang merupakan penyempurnaan dari seri Xperia 1 V sebelumnya.

Layar dan Baterai

Perubahan paling signifikan adalah layarnya. Xperia 1 VI menggunakan panel 19,5:9 1080x2340px yang lebih konvensional, menggantikan layar OLED 4K 21:9 sebelumnya. Meskipun memiliki aspek rasio yang berbeda, layar Xperia 1 VI tetap berukuran 6,5 inci, menjadikannya sedikit lebih besar dari pendahulunya.

Selain itu, layar Xperia 1 VI kini lebih cerah (1.300 nits) dan lebih cerdas. Panel LTPO-nya dapat menyesuaikan kecepatan refresh antara 1Hz dan 120Hz, sementara Xperia 1 V hanya dapat beralih antara 60Hz dan 120Hz. Hal ini berdampak positif pada masa pakai baterai. Sony mengklaim bahwa baterai 5.000mAh dapat bertahan hingga dua hari pemakaian.

Audio

Para audiophiles akan senang dengan speaker stereo menghadap depan pada Xperia 1 VI yang lebih keras dan seimbang, dengan distorsi yang lebih rendah. Jack headphone 3,5mm juga dilengkapi Sirkuit Audio Premium baru untuk meningkatkan keluaran suara.

Prosesor dan Memori

Seperti yang diharapkan, Xperia 1 VI menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 terbaru dengan RAM 12GB. Di Eropa, perangkat ini akan tersedia dengan penyimpanan 256GB, sementara pembeli di Jepang dan Asia Timur akan mendapatkan versi 512GB.

Sony akhirnya menyertakan ruang uap pada ponsel andalannya, yang diharapkan dapat membantu mengurangi panas berlebih. Sebuah FPS Optimizer juga secara dinamis menyesuaikan penggunaan CPU dan kecepatan bingkai, tergantung pada lingkungan permainan.

Kamera

Sistem kamera Xperia 1 VI mungkin terlihat mirip dengan Xperia 1 V, tetapi ada perubahan mendasar yang diharapkan memberikan perbedaan yang signifikan. Kamera utama 48MP 1/1.35" pada dasarnya tidak berubah, tetapi sekarang menawarkan mode resolusi penuh 48MP. Lensa ultrawide juga tetap sama, dengan sensor 12MP f/2.2 dan panjang fokus 16mm.

Namun, Sony telah melakukan peningkatan pada kamera zoom. Sensornya masih berukuran 1/3.5", tetapi Xperia 1 VI hadir dengan modul zoom optik 85mm-170mm (3,5x hingga 7,1x) yang lebih jauh dibandingkan lensa 85-110mm pada Xperia 1 V. Selain itu, kamera telefoto sekarang dapat fokus lebih dekat dan memiliki mode tele-makro khusus pada 120mm.

Lain-lain

Kedua sisi ponsel menampilkan Gorilla Glass Victus (Victus 2 di bagian depan, Victus 1 di bagian belakang). Bezel aluminiumnya memiliki tekstur berlekuk yang mirip dengan Xperia 1 V.

Xperia 1 VI menjalankan Android 14 dan akan menerima tiga pembaruan versi Android serta empat tahun pembaruan keamanan.

Perangkat ini akan tersedia dalam warna Hitam, Platinum Silver, dan Khaki Green mulai awal Juni dengan harga mulai dari €1.399/£1.299.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

OPPO Akan Mengumumkan Seri Reno12 pada 23 Mei

Xperia 10 VI: Smartphone Kelas Menengah dari Sony dengan Pembaruan yang Minimal